Veristiana, Deffa (2024) Implementasi Metode Kerja Kelompok Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Di SD N 02 Gumawang Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2317191_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (978kB) |
|
Text
2317191_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Proses belajar mengajar pada dasarnya adalah interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan interaksi antara peserta didik dengan sesama peserta didik dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran sendiri dapat berjalan tentu dengan adanya peran seorang guru. Kegiatan pembelajaran dapat dikatakan berhasil apabila dilihat dari pencapaian hasil belajar dari target yang telah ditentukan yaitu hasil belajar terhadap bahan pembelajaran yang diajarkan mencapai prestasi yang baik secara individu maupun kelompok. Untuk itu pada proses pembelajaran ini peran guru atau pengajar sangatlah penting tidak hanya dituntut untuk mampu menguasai materi, menyampaikan materi, melakukan evaluasi, mengetahui kesulitan-kesulitan yang dihadapi peserta didik dan cara mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut, tetapi juga dituntut untuk mampu mengetahui karakteristik peserta didik dan mampu menggunakan metode yang sesuai diterapkan pada peserta didik dalam proses pembelajaran. Salah satunya dengan menggunakan metode kerja kelompok. Fokus penelitian ini sendiri yaitu pada mata pelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini yaitu implementasi dari metode kerja kelompok dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA kelas IV di SD N 02 Gumawang. Metode penelian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Data analisis menggunakan reduksi data, penyajian data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) implementasi metode kerja kelompok pada mata pelajaran IPA, yaitu penerapan metode kerja kelompok pada mata pelajaran IPA (2) hasil belajar siswa dari penggunaan metode kerja kelompok pada mata pelajaran IPA, yaitu hasil belajar siswa diambil dari nilai ulangan harian siswa (3) peningkatan hsil belajar dari penggunaan metode kerja kelompok pada mata pelajaran IPA, yaitu persentase peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum menggunakn metode kerja kelompok dengan sesudah memakai metode kerja kelompok.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Kerja Kelompok, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPA | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2024 06:29 | ||||||||
Last Modified: | 16 Jul 2024 01:59 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8542 |
Actions (login required)
View Item |