Mukti, Ubaidilah Faizah (2024) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di Mts Negeri 2 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H.Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2120252_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2120252_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan telrjulmpai belbelrapa siswa yang kelmampulan belrpikirnya dalam melmahami matelri masih telrbilang relndah khulsulsnya dalam pellajaran Fiqih. Hal tersebut terjadi karena model pembelajaran yang digunakan hanya berpusat pada guru. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model problem based learning. Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut(1)Bagaimana penerapan model problem based learning pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 2 Pekalongan?,(2)Adakah pengaruh penerapan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 2 Pekalongan?. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Jumlah sampel dalam penelitian adalah 30 siswa kelas VII G, dengan Teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan metode observasi, angket, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana. Hasil analisis penelitian, diperoleh ttes sebesar 1,697 sedangkan ttabel pada Df=28 dengan taraf signifikansi 5% sebanyak 1,701 dimana (ttes<ttabel) sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 2 Pekalongan ini tidak ada pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | PBL, Berpikir Kritis dan Fiqih | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 26 Jun 2024 04:14 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2024 05:28 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8576 |
Actions (login required)
View Item |