Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di Mts Negeri 2 Pekalongan

Mukti, Ubaidilah Faizah (2024) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di Mts Negeri 2 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H.Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120252_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2120252_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan telrjulmpai belbelrapa siswa yang kelmampulan belrpikirnya dalam melmahami matelri masih telrbilang relndah khulsulsnya dalam pellajaran Fiqih. Hal tersebut terjadi karena model pembelajaran yang digunakan hanya berpusat pada guru. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model problem based learning. Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut(1)Bagaimana penerapan model problem based learning pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 2 Pekalongan?,(2)Adakah pengaruh penerapan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 2 Pekalongan?. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Jumlah sampel dalam penelitian adalah 30 siswa kelas VII G, dengan Teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan metode observasi, angket, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana. Hasil analisis penelitian, diperoleh ttes sebesar 1,697 sedangkan ttabel pada Df=28 dengan taraf signifikansi 5% sebanyak 1,701 dimana (ttes<ttabel) sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 2 Pekalongan ini tidak ada pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIskarim, MochamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PBL, Berpikir Kritis dan Fiqih
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 26 Jun 2024 04:14
Last Modified: 18 Jul 2024 05:28
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8576

Actions (login required)

View Item View Item