Problematika penulisan skripsi menggunakan bahasa arab pada mahasiswa program studipendidikan bahasa arab angkatan 2019uin K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Lestari, Dewi Anggun (2024) Problematika penulisan skripsi menggunakan bahasa arab pada mahasiswa program studipendidikan bahasa arab angkatan 2019uin K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2220010_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2220010_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini memaparkan kesenjangan antara mahasiswa yang menulis skripsi berbahasa Arab dan mahasiswa yang menulis skripsi berbahasa Indonesia, dimana jumlah mahasiswa yang menulis skripsi bahasa Indonesia lebih besar. Hal ini disebabkan oleh beberapa problematika mengenai penulisan skripsi menggunakan bahasa Arab. Peneletian ini akan menelaah problematika beserta solusinya, baik dari pihak program studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), dosen, dan mahasiswa itu sendiri.Rumusan masalah penelitian: (1) Bagaimana problematika penulisan skripsi menggunakan bahasa Arab pada mahasiswa program studi pendidikan bahasa Arab angkatan 2019 UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan, (2) Bagaimana solusi problematika penulisan skripsi menggunakan bahasa Arab pada mahasiswa program studi pendidikan bahasa Arab angkatan 2019 UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Tajuan penelitian ini yaitu 1) Untuk menjelaskan problematika penulisan skripsi menggunakan bahasa Arab pada mahasiswa program studi pendidikan bahasa Arab angkatan 2019 UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan, 2) Untuk menjelaskan solusi problematika penulisan skripsi menggunakan bahasa Arab pada mahasiswa program studi pendidikan bahasa Arab angkatan 2019 UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif, dan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data pokok dari penelitian inimahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Arab Angkatan 2019 yang menulis skripsi berbahasa Arab, sedangkan data penunjang berasal dari gambaran umum lokasi penelitian.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika yang dialami oleh mahasiswa yang menulis skripsi berbahasa Arab pada angkatan 2019 terbagi dua; 1) problematika linguistik mencakup; a) kurangnya perbendaharaan kosakata, b) kuranya pengetahuan ilmu nahwu, c) kesulitan dalam menerjemah, dan d) kesulitan mengetik tulisan Arab, 2) problematika non-linguistik meliputi; a) kurangnya minat dan motivasi, b) latar belakang mahasiswa, c) lingkungan mahasiswa, dan d) kurangnya referensi bahasa Arab. Solusi dari problematika diatas adalah; 1) solusi dari pihak program studi meliputi; a) adanya gerakan yang masif, dan b) kebijakan wajib skripsi bahasa arab, 2) solusi dari pihak dosen adalah; a) memperbanyak membaca dan menulis bahasa Arab, dan b) tutor teman sebaya, 3) solusi dari pihakmahasiswa adalah; a) meningkatkan penguasaan ilmu nahwu, b) bertanya kepada dosen dan teman yang lebih pintar berbahasa Arab, dan c) menumbuhkan kesadaran diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFathuddin, Ahmad Ubaedi19700911 2001121 1 003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problematika Penulisan, Skripsi Bahasa Arab.
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 08 Jul 2024 03:48
Last Modified: 08 Jul 2024 03:48
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8610

Actions (login required)

View Item View Item