Implementasi Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Mengafal Al-Qur’an Di Mts Tholabuddin

Abror, Ahmad Nailul Manazilil (2024) Implementasi Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Mengafal Al-Qur’an Di Mts Tholabuddin. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2117384_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2117384_FULL TEXT B5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Al-Qur’an merupakan kalam Allah yang diturunkan kepada rasul dengan perantara malaikat Jibril untuk disampaikan kepada kita secara mutawatir, umat islam berkewajiban memelihara dan menghafalkannya. untuk menghafalkan Al-Qur’an diperlukan metode di antaranya metode Talaqqi. Talaqqi yaitu menghafal Al-Qur’an yang dilakukan bertatap muka langsung antara guru dengan muridnya. Di dalam penerapan metode Talaqqi ini tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan yang menjadikan faktor pendukung dan penghambat. Fokus penelitian ini yaitu: 1). Bagaimana implementasi metode Talaqqi dalam pembelajaran menghafal Al-Qur’an di MTs Tholabuddin Masin? 2). Apa faktor pendukung dan penghambatnya implementasi metode Talaqqi dalam pembelajaran menghafal Al-Qur’an di MTs Tholabuddin Masin? Adapun tujuan dari penelitian ini diantaranya: 1). Supaya diketahui implementasi metode Talaqqi dalam pembelajaran menghafal Al-Qur’an di MTs Tholabuddin Masin. 2). Supaya diketahui faktor pendukung dan penghambat implementasi metode Talaqqi dalam pembelajaran menghafal Al-Qur’an di MTs Tholabuddin Masin. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif dengan metode penelitian lapangan. cara mengumpulkan data dengan cara metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan menyajikan data, mereduksi data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian di antaranya : pertama, guru pembelajaran Tahfidzul Qur’an di MTs Tholabuddin Masin adalah guru yang kompeten. Kedua, metode Talaqqi membuat siswa di MTs Tholabuddin Masin memiliki keahlian dalam menghafal Al-Qur’an . Kelemahannya rasa bosan dan jenuh, Sehingga kelebihan dan kekurangan bisa menjadikan faktor pendukung dan penghambatnya, guru harus mampu memahami kondisi kelas, dan memanagement metode dengan baik, supaya tercapainya tujuan yang akan memberikan dampak positif bagi sekolah, dan masyarakat tertarik menyekolahkan anaknya di MTs Tholabuddin Masin karena mampu melahirkan generasi Tahfidzul Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZaeni, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Talaqqi, Menghafal Al-Qur’an
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 27 Jun 2024 04:25
Last Modified: 17 Jul 2024 04:00
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8625

Actions (login required)

View Item View Item