Khasanah, Nur (2018) Upaya peningkatan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran IPA di MI Salafiyah Warulor Kecamatan Wiradesa Kabupaten pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (3MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Model pembelajaran yang digunakan dalam pengajaran khususnya Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di MI Salafiyah Warulor masih sebatas dengan model ceramah dan tanya jawab.Hal ini bisa dibuktikkkan bahwa hasil belajar siswa kelas III di MI Salafiyah Warulor khususnya mata pelajaran IPA masih belum berhasil. Model ceramah masih menjadi pilihan dalam penyampaian materi, sehingga siswa cenderung bosan, dan kurang bersemangat untuk belajar. Hal ini akan membuat kualitas pembelajaran menjadi rendah, dan memungkinkan hasil belajar siswa akan menurun. Maka pembelajaran IPA di MI Salafiyah Warulor menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Berdasarkan latar belakang masalah tersebut rumusan masalah yang akan dikaji adalah Apakah ada peningkatan prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran IPA di MI Salafiyah Warulor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran IPA di MI Salafiyah Warulor. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas clas action research (CAR) dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III A MI Salafiyah Warulor yang berjumlah 29 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, pengamatan dan lembar observasi. Data yang diperoleh berupa data deskriptif dan kuantitatif sederhana. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam Pra Siklus siswa yang mendapatkan nilai 65 atau lebih dari 65 sebanyak 10 siswa ( 34%), sedangkan nilai rata-rata pada Pra Siklus adalah 58. Pada Siklus I jumlah siswa yang mendapatkan nilai 65 atau lebih dari 65 sebanyak 16 siswa (55%), dan nilai rata-rata pada siklus I adalah 64. Pada Siklus II jumlah siswa yang mendapatkan nilai 65 atau lebih dari 65 sebanyak 27 siswa (93%) sedangkan nilai rata-rata pada siklus II adalah 75. Berdasarkan hasil yang telah diketahui dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam proses pembelajaran mata pelajaran IPA materi lingkungan Sehat dan Lingkungan Tidak Sehat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III A di MI Salafiyah Warulor Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Think-Pair-Share, Prestasi Belajar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Khusnu Asirah | ||||||||
Date Deposited: | 23 Jun 2020 03:35 | ||||||||
Last Modified: | 23 Jun 2020 03:35 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/863 |
Actions (login required)
View Item |