Agustin, Rahmawati Nur (2024) Strategi guru taman pendidikan alqur’an (TPQ) dalam meningkatkan motivasi belajar santri di TPQ Al – Hijrah Bojongbata, Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2117023_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2117023_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Motivasi belajar sangat berkaitan erat dengan hasil belajar anak atau santri. Motivasi belajar sangat perlu didapatkan oleh anak atau santri dalam kegiatan agar terciptanya pencapaian tujuan pembelajaran. Untuk menjadi pengajar yang baik dan dapat diterima oleh anak-anak atau santri perlunya strategi yang tepat agar anak atau santri mempunyai motivasi belajar di satuan lembaga non formal yaitu TPQ untuk mencapai tujuan belajar dan hasil belajar yang baik. Beberapa pengamatan yang dilakukan bahwa TPQ menerapkan berangkat 1 minggu ada 6 pertemuan pembelajaran tatap muka. Tetapi dalam TPQ tersebut banyak yang tidak masuk ketika ada masalah-masalah tertentu yang menjadikan motivasi anak atau santri menurun. Maka perlunya ada pengembangan agar para anak-anak atau santri termotivasi belajar melalui strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan lembaga. Memilih lokasi penelitian adalah di TPQ Al-Hijrah karena eksistensinya sudah bediri selama 20 lebih masih diminati oleh masyarakat. Tujuan masalah dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui motivasi belajar santri TPQ di Al-Hijrah Bojongbata Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang.; Untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi guru dalam memotivasi belajar santri TPQ di AlHijrah Bojongbata Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang; Untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan motivasi belajar santri TPQ di Al-Hijrah Bojongbata Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang. Penelitian menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penulisannya menggunakan data primer dari kepala TPQ, guru atau ustadz, dan santri TPQ Al-Hijrah Bojongbata dan data sekunder dari referensi jurnal dan buku. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisis yang dimulai dari reduksi data, penyajian data dan yang terakhir penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi guru, motivasi belajar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2024 06:57 | ||||||||
Last Modified: | 05 Aug 2024 08:14 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8655 |
Actions (login required)
View Item |