Labibah, Rifqah (2024) Implementasi Pembelajaran Kitab Risalatul Qurr’o Wal Huffadh Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an Pada Santri Putri Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.
Text
2120124_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (662kB) |
|
Text
2120124_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pembaca ataupun penghafal Al-Qur’an di era sekarng ini sangat banyak dijumpai, Tetapi seringkali tidak memperhatikan ilmu membaca Al-Qur’an yang terdapat didalamnya. Untuk itu perlu adanya penanganan dalam menghadapi masalah tersebut, salah satu penanganan yang dapat dilakukan yaitu mengimplementasikan ilmu membaca Al-Qur’an melalui pembelajaran kitab Risalatul Qurro’ Wal Huffadh, untuk menigkatkan kualitas membaca Al-Qur’an yang dapat diterapkan dalam kehidupan. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu Bagaimana implementasi pembelajaran kitab Risalatul Qurro’ Wal Huffadh dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an pada santri putri Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong Pekalongan?,.Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran kitab Risalatul Qurro’ Wal Huffadh dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an pada santri putri Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong Pekalongan? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran kitab Risalatul Qurro’ Wal Huffadh dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an pada santri putri Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong Pekalongan dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran kitab Risalatul Qurro’ Wal Huffadh dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an pada santri putri Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penyajian ini yakni ustadzah, pengasuh pondok pesantren dan santri. Teknik yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pembelajaran kitab Risalatul Qurro’ Wal Huffadh pada santri putri Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong Pekalongan dapat meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an. Tahapan dalam implementasi pembelajaran kitab Risalatul Qurro’ Wal Huffadh dilaksanakan diawali dengan pemberian materi oleh pengampu, dengan menggunakan metode ceramah, Tanya jawab serta praktek. Bentuk implementasinya dibuktikan dengan bentuk kualitas membaca Al-Qur’an pada kehidupan sehari-harinya. Adapun faktor pendukung yang mempengaruhi implementasi pembelajaran kitab Risalatul Qurro’ Wal Huffadh pada santri putri yaitu guru, lingkungan sosial dan buku panduan. Sedangkan faktor penghambat implementasi pembelajaran kitab Risalatul Qurro’ Wal Huffadh pada santri putri diantaranya kondisi psikis santri, kemampuan santri serta kelelahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pembelajaran Kitab Risalatul Qurro’ Wal Huffadh, Membaca Al-Qur’an. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 29 Jun 2024 02:50 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2024 04:38 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8659 |
Actions (login required)
View Item |