Maulana, Ihwan (2024) Pengaruh Pembiasaan Doa-doa Harian terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di TPQ Daarul Ulum Pegiringan Bantarbolang Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2120208_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2120208_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Pembiasaan adalah kegiatan yang dilakukan secara terus-menerus dalam kehidupan sehari-hari anak sehingga menjadi kebiasaan yang baik. Pembiasaan juga berarti upaya yang dilakukan secara berulang untuk membiasakan individu dalam bersikap, berperilaku, dan berpikir dengan benar. Rumusan masalah penelitian ini berupa bagaimana bentuk pembiasaan doa-doa harian, bagaimana bentuk karakter religius, dan pengaruh pembiasaan doa-doa harian terhadap pembentukan karakter religius peserta didik di TPQ Daarul Ulum Pegiringan Bantarbolang Pemalang. Tujuannya untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengaruh pembiasaan doa-doa harian terhadap pembentukan karakter religius peserta didik yang berguna untuk pengefesien pembiasaan di TPQ. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 49 reponden. Jenis analisis data menggunakan rumus regresi linear sederhana dengan uji hipotesis yaitu uji t dengan bantuan program SPSS24. Hasil penelitian menunjukan pembiasaan doa-doa harian termasuk baik dibuktikan dari nilai rata-rata angket penggunaan video 11,30 terletak pada interval 11-15, pembentukan karakter religius termasuk baik dibuktikan dengan nilai rata-rata angket minat belajar 74,95 terletak pada interval 61-80. Pada uji koefisien determinasi yang nilainya 0,043 yang berarti pengaruh pembiasaan doa-doa harian terhadap pembentukan karakter religius sebesar 4,3%. Pembiasaan doa-doa harian memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pembentukan karakter religius, ini menggambarkan bahwa semakin tinggi pembiasaan doa-doa harian, maka semakin berpengaruh terhadap pembentukan karakter religius. Hasil ini sesuai dengan analisis regresi linear sederhana pada uji t yaitu di peroleh nilai 0,171 ˃ 0,05. Maka Ha diterima, artinya secara persial tidak ada pengaruh yang signifikan antara pembiasaan doa-doa harian terhadap pembentukan karakter religius peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembiasaan, Doa-doa Harian, dan Karakter Religius | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 01 Jul 2024 06:30 | ||||||||
Last Modified: | 01 Jul 2024 06:30 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8685 |
Actions (login required)
View Item |