Nisa', Khoirun (2018) Implementasi program pendidikan karakter di MIS Karanganyar 01 Tirto Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (3MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Generasi muda merupakan kunci kesuksesan suatu bangsa. Oleh karena itu, pendidikan karakter sangat penting untuk diperhatikan, terutama untuk anak usia sekolah dasar. MIS Karanganyar 01 merupakan salah satu madrasah yang memiliki visi utama yaitu terciptanya siswa yang Islami, Berbudi, dan Berprestasi. Dari visi tersebut madrasah ini telah melaksanakan program pendidikan karakter bagi siswanya. Penelitian ini menjawab rumusan masalah bagaimana implementasi program pendidikan karakter di MIS Karanganyar 01 Tirto Pekalongan, serta bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi program pendidikan karakter di MIS Karanganyar 01 Tirto Pekalongan. Penelitianinimerupakanjenispenelitianlapangan (field research), dengan menggunakanpendekatankualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukandengan teknikobservasi, wawancaradandokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah pertama,Program pendidikan karakter di MIS Karanganyar 01 dilaksanakan melalui pendekatan komprehensif, adanya visi, misi, dan tata tertib madrasahyang mengacu pada pendidikan karakter, metode yang komprehensi (metode penanaman nilai, keteladanan, pemberian penghargaan, dan pembekalan softskill), serta adanya keterlibatan orang tua, masyarakat, dan ahli eksternal (stakeholder). Kedua, Program pendidikan karakter di MIS Karanganyar 01 juga dilaksanakan secara terintegrasi dalam seluruh pembelajaran di kelas, yaitu dalam kegiatan kurikuler, ko-kurikuler, ekstrakurikuler, serta dalam layanan bimbingan dan konseling. Ketiga, Program pendidikan karakter di MIS Karanganyar 01 juga dilaksanakan melalui kultur madrasah, yaitu melalui kegiatan pembiasaan, kegiatan spontan, serta pengkondisian lingkungan madrasah. Adapun Faktor pendukung dalam implementasi program pendidikan karakter di MIS Karanganyar 01 Tirto Pekalongan terdiri dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi keberhasilan program pendidikan karakter di MIS Karanganyar 01 antara lain: kepemimpinan kepala madrasah, guru, dan siswa. Adapun faktor eksternalnya antara lain: orang tua, lingkungan masyarakat, dan media massa. Disamping faktor pendukung, terdapat juga faktor penghambat dalam implementasi program pendidikan karakter di MIS Karanganyar 01, meliputi faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang menjadi kendala dalam pelaksanaan program pendidikan karakter di MIS Karanganyar 01 antara lain: keterbatasan sarana dan prasarana, keterbatasan waktu, dan keterbatasan sumber dana. Adapun faktor eksternalnya antara lain: lingkungan pergaulan siswa dan dampak media massa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Program, Pendidikan Karakter | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Khusnu Asirah | ||||||||
Date Deposited: | 22 Jun 2020 08:18 | ||||||||
Last Modified: | 22 Jun 2020 08:18 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/874 |
Actions (login required)
View Item |