Tursilawati, Tursilawati (2024) Penerapan Program Hafalan Al-Qur’an One Month One Juz Untuk Santri Putri Tahfizh Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2120035_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (858kB) |
|
Text
2120035_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penerapan program hafalan al-Qur’an merupakan hal yang penting dalam proses pembelajaran yakni sebagai cara atau jalan untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien. Penerapan program yang sesuai juga dapat menjadikan keberhasilan. Salah satu metode Program hafalan al-Qur’an yang diterapkan di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong Pekalongan adalah One Month One Juz atau lebih dikenal dengan satu bulan satu juz hafalannya. Dengan adanya program hafalan al-Qur’an One Month One Juz tersebut, santri putri tahfizh lebih bisa menargetkan hafalan, program lebih terstruktur, dan adanya dukungan yang tepat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana diskripsi penerapan program hafalan al-Qur'an one month one juz untuk santri putri tahfizh di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong Pekalongan? 2) Bagaimana implikasi penerapan program hafalan al-Qur’an one month one juz untuk santri putri tahfizh di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong Pekalongan? Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research atau penelitian lapangan yaitu peneliti memaparkan dan menggambarkan keadaan serta fenomena atau situasi di lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diambil dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Program Hafalan Al-Qur’an One Month One Juz Untuk Santri Putri Tahfizh terdiri dari tiga tahap yakni meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. yang mana dari ketiga tahap tersebut meliputi ziyadah, murojaah, dan tasmi’. Apabila terkumpul selama satu bulan maka menjadi 1 juz al-Qur’an yang telah dihafal. Selain itu, Implikasi dari program hafalan al-Qur’an adalah dapat memberikan dampak positif bagi santri tahfizh, dapat memotivasi mereka untuk memprogram hafalannya sendiri dengan target hariannya, menjadikan santri lebih aktif, santri juga tambah rajin dan disiplin, dapat meningkatkan spiritual, moral, kecerdasan serta kemampuan kognitif untuk santri putri tahfizh yang ada di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong Pekalongan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Program Hafalan, al-Qur’an, dan Santri Putri Tahfizh Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong Pekalongan | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 03 Jul 2024 07:18 | ||||||||
Last Modified: | 06 Nov 2024 07:23 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8750 |
Actions (login required)
View Item |