Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Karakter Siswa Kelas XII Pengguna Aplikasi TikTok DI SMK Islam Bojong Pekalongan

Sakinah, Fira Nur (2024) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Karakter Siswa Kelas XII Pengguna Aplikasi TikTok DI SMK Islam Bojong Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119350_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2119350_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Fira Nur Sakinah, (2119350), 2024. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Karakter Siswa Kelas XII Pengguna Aplikasi TikTok di SMK Islam Bojong Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Islam Negeri (UIN) KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing: Aris Nurkhamidi, M. Ag. Kata Kunci: Strategi, karakter, Aplikasi TikTok Penelitian ini dilatarbelakangi beberapa karakter siswa di SMK Islam Bojong yang kurang baik dalam penggunaan aplikasi TikTok. Hal tersebut dikarenakan siswa membuat konten TikTok yang tidak mengenal tempat, siswa membuat konten TikTok tanpa menggunakan hijab dan ketika diberi tugas saat jam kosong bukan mengerjakan tugas tapi siswa men-scroll TikTok. Dari observasi tersebut peneliti tertarik untuk melakukan suatu penelitian mengenai pentingnya strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan karakter siswa kelas XII pengguna aplikasi TikTok di SMK Islam Bojong Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan konten apa saja yang sering dilihat siswa kelas XII di SMK Islam Bojong, mendefisinikan perilaku sosial siswa pengguna aplikasi TikTok di SMK Islam Bojong dan mejelaskan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan karakter sosial siswa pengguna aplikasi TikTok. Jenis penelitian ini adalah kualitatif lapangan (field research). Dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi melalui proses data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Konten TikTok yang sering dilihat siswa kelas XII Akuntansi Keuangan di SMK Islam Bojong seperti konten a day in my live, tips and trik, komedi dan dakwah. 2) Perilaku sosial siswa kelas XII pengguna aplikasi TikTok di SMk Islam Bojong kini lebih baik dalam bersopan-santun, menghormati guru, berkomunikasi dengan baik dan disiplin. Sedangkan perilaku sosial siswa sebelumya kurang menghormati guru, komunikasi yang kurang baik dan kurangnya bersopan santun. 3) Strategi yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam untuk membina karakter sosial siswa kelas XII dalam penggunaan apikasi TikTok di SMK Islam Bojong Pekalongan melalui metode pembelajaran, pembiasaan di sekolah dan melalui kegiatan keagamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNurkhamidi, ArisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, karakter, Aplikasi TikTok
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 05 Jul 2024 08:18
Last Modified: 05 Jul 2024 08:18
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8784

Actions (login required)

View Item View Item