Pengaruh Metode Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) Di Smp N 2 Tirto

Irfanti, Nur Syifa’ (2024) Pengaruh Metode Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) Di Smp N 2 Tirto. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2620085_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2620085_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2620085_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Matematika adalah pelajaran yang konsepnya tersusun secara hierarkis dari yang mudah atau sederhana meningkat ke yang sulit atau rumit. Rendahnya hasil belajar matematika dipengaruhi oleh banyak faktor baik secara internal maupun eksternal.Salah satu faktor tersebut adalah kecenderungan guru lebih aktif dalam pembelajaran dibandingkan dengan siswa. Akibatnya siswa pasif dan hasil belajarnya cenderung rendah. Oleh karena itu, salah satu metode pembelajaran yang dapat membuat siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran matematika di kelas terutama pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) adalah dengan penerapan metode pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Metode pembelajaran Creative Problem Solving dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia memiliki pengaruh yang baik dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah yaitu bagaimana pengaruh metode pembelajaran Creative Problem Solving dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Tujuan penelitian ini dilakukan agar pembaca mengetahui pengaruh metode pembelajaran Creative Problem Solving dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada pokok bahasan SPLDV di SMPN 2 Tirto. Jenis penelitian menggunakan Quasi Eksperimental Design dengan bentuk The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampeil dalam peineilitian ini adalah kelas VIII C sebagai keilas eikspeirimein dan kelas VIII D kelas kontrol yang dipilih deingan teiknik Cluster Random sampling dengan jumlah sample 44 siswa dan populasinya 147 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah independent sample test dan uji prasyarat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan sig(Two-Tailed p) diperoleh data nilai sig(Two-Tailed p) pada posttest kedua kelas diperoleh Sig. 2 (tailed) = 0,000 < 0,05, dimana nilai < 0,000 < 0,05 sebesar maka H_0 ditolak yang berarti terdapat pengaruh antara metode pembelajaran Creative Problem Solving dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada pokok bahasan SPLDV di SMPN 2 Tirto berdasarkan hasil posttest.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMahmudah, UmiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Creative Problem Solving, Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, Hasil Belajar
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 08 Jul 2024 03:08
Last Modified: 08 Jul 2024 03:16
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8800

Actions (login required)

View Item View Item