Fitriani, Rossi (2024) Pengaruh keaktifan dalam kegiatan halakah tahfiz al-qur’an dan taklim pagi terhadap kecerdasan spiritual santri di majelis taklim dan sholawat al khair wal barokah desa Dadirejo Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2120030_Cover, Bab I & Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2120030_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Kecerdasan spiritual adalah kemampuan seseorang yang memadukan kecerdasan intelektual dengan kecerdasan emosionalnya. Salah satu cara mendapatkan bimbingan spiritual yaitu dengan menitipkan anaknya di majelis taklim untuk aktif mengikuti berbagai program pembelajaran. Beberapa contoh kegiatan di majelis taklim ialah halakah tahfiz Al – Qura’n dan taklim pagi yang dilaksanakan setelah subuh dengan sebelumnya melakukan salat berjamaah terlebih dahulu. Fenomena unik tersebut membentuk rumusan masalah tentang apakah keaktifan dalam kegiatan halakah tahfiz Al-Qur’an dan taklim pagi memiliki pengaruh pada kecerdasan spiritual santri di Majelis Taklim dan Sholawat Al Khair Wal Barokah. Tujuan penelitian ini antara lain adalah (1) mengetahui apakah keaktifan dalam kegiatan halakah tahfiz Al-Qur’an berpengaruh pada kecerdasan spiritual santri. (2) Mengetahui apakah keaktifan dalam kegiatan taklim pagi berpengaruh pada kecerdasan spiritual santri. (3) Mengetahui apakah keaktifan dalam kegiatan halakah tahfiz AlQur’an dan taklim pagi berpengaruh pada kecerdasan spiritual santri. Secara teoritis penelitian ini bertujuan untuk membuktikan teori tentang pengaruh keakifan dalam kegiatan halakah tahfiz Al-Qur’an dan taklim pagi terhadap kecerdasan spiritual. Untuk kegunaan praktisnya diharapkan mampu mendorong dan meningkatkan kualitas program pembelajaran di majelis taklim dan sholawat Al Khair Wal Barokah, kualitas pendidik dan santri, serta mampu menambah wawasan bagi pembaca. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya yaitu melalui angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 200 santri yang kemudian diambil sampel sebanyak 20% menjadi 40 santri. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan probality sampling dengan model simple random sampling. Uji validitas intrumennya menggunakan korelasi produk momen dan uji reliabilitas meggunakan cronbach’s alpha. Kemudian untuk analisisnya menggunakan regresi linier sederhana dan berganda, uji F dan koefisien determinasi. Semua pengujian tersebut menggunakan program IBM SPSS Statistics 22. Dari hasil penelitian diperoleh hasil bahwa pengaruh keaktifan kegiatan halakah tahfiz Al-Qur’an terhadap kecerdasan spiritual adalah 35,6%. Pengaruh keaktifan dalam kegiatan taklim pagi terhadap kecerdasan spiritual adalah 8,6%. pengaruh keaktifan kegiatan halakah tahfiz Al-Qur’an dan taklim pagi terhadap kecerdasan spiritual adalah 38%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan Kegiatan Halakah Tahfiz Al-Qur’an, Taklim Pagi dan Kecerdasan Spiritual | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 09 Jul 2024 02:43 | ||||||||
Last Modified: | 08 Oct 2024 10:08 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8834 |
Actions (login required)
View Item |