Lulu’ilmaknun, Lulu’ilmaknun (2024) Penerapan Metode Token Ekonomi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Di SD Islam Roudlotul Mujahidin Kauman Comal Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2217014_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
2217014_FULL TEXT B5.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
2217014_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan penulis di SD Islam Roudlotul Mujahidin dalam proses pembelajaran bahasa Arab yang menerapkan metode token ekonomi dalam meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab siswa. Penerapan metode token ekonomi bertujuan untuk meningkatkan belajar bahasa Arab siswa yang bermalas-malasan dan tidak giat dalam belajar sehingga prestasinya tidak meningkat dan tidak mencapai nilai ketuntasan minimum. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjawab rumusan masalah: 1. Bagaimana penerapan metode token ekonomi dalam meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab siswa di SD Islam Roudotul Mujahidin Kauman, kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang?; 2. Apa kelebihan dan kekurangan penerapan metode token ekonomi dalam meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab siswa di SD Islam Roudlotul Mujahidin Kauman, Kecamatan Comal, kabupaten Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh, kemudian dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah penerapan metode token ekonomi dalam meningkatkan hasil prestasi belajar bahasa Arab siswa di SD Islam Roudlotul Mujahidin Kauman Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku. Hal ini dibuktikan dengan hasil prestasi belajar bahasa Arab siswa yang mencapai KKM. Selain itu siswa mampu menghafalkan mufrodat sesuai dengan ketentuan dalam setiap pertemuan. Kelebihan penerapan token ekonomi ini yaitu siswa menjadi aktif belajar, beberapa indikator dapat dicakup dalam satu metode dan dapat disesuaikan kebutuhan. Namun terdaapat kekurangan yaitu membutuhkan biaya, waktu penerapan yang cukup lama dan motivasi yang terbentuk dalam diri siswa hanya motivasi ekstrinsik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | metode token ekonomi, prestasi belajar, bahasa Arab. | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 10 Jul 2024 06:36 | ||||||||
Last Modified: | 08 Oct 2024 06:09 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8888 |
Actions (login required)
View Item |