Pengaruh pembelajaran tematik terhadap prestasi belajar siswa kelas V di SD Negeri 01 Pekuncen Kecamatan wiradesa Kabupaten Pekalongan

Muzdalifah, Muzdalifah (2019) Pengaruh pembelajaran tematik terhadap prestasi belajar siswa kelas V di SD Negeri 01 Pekuncen Kecamatan wiradesa Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

SD Negeri 01 Pekuncen adalah sekolah yang berada di jalan Jendral A. Yani nomer 401 Pekuncen Wiradesa. Ada beberapa kelebihan di SD Negeri 01 Pekuncen ini yaitu: di daerah wiradesa SD Negeri 01 Pekuncen merupakan pertama kali Sekolah Dasar yang memakai kurikulum 2013 pembelajaran tematik, Menurut wali kelas V yang berama Rochimin S.Pd SDN Pekuncen Pembelajaran tematik yang dilakukan dilaksanakan pada awal tahun 2014 yang kemudian serentak dilakukan dalam setiap kelas dari kelas satu sampai kelas enam, guru yang mengajar pembelajaran tematik SD Negeri 01 Pekuncen sebelumnya sudah mendapatkan pelatihan.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik tema 8 kelas V di SD Negeri 01 Pekuncen?, Bagaimana prestasi belajar siswa kelas V melalui pembelajaran tematik tema 8 di SD Negeri 01 Pekuncen?, dan Adakah pengaruh pembelajaran tematik tema 8 terhadap prestasi belajar siswa kelas IV .di SD Negeri 01 Pekuncen? Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang terdiri dari 20 butir soal dan nilai siswa kelas V dengan responden 32 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu dengan teknik uji hipotesis dan uji t dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana dan dibantu dengan menggunakan perangkat lunak SPSS 16 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama: Penerapan pembelajaran tematik pada tema 8 kelas V di SD Negeri 01 Pekuncen Kecamatan termasuk dalam kategori baik. hal ini terbukti dengan hasil angket tentang pembelajaran tematik yang memiliki nilai rata-rata 74berada di interval distribusi frekuensi 74-81 yang masuk dalam kategori kualifikasi baik, kedua: Prestasi belajar siswa keas V SD Negeri 01 Pekuncen, termasuk dalam kategori cukup baik ditunjukan dengan nilai rata-rata hasil prestasi belajar adalah 85,218 Berdasarkan hasil perhitungan, maka dapat diketahui bahwa prestasi belajar siswa kelas V adalah cukup baik, ketiga: Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran tematik terhadap prestasi belajar kelas V di SD Negeri 01 Pekuncen. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana. ttest = 5,750 >ttabel = 2,042. sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFauyan, MuchamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembeljaran Tematik, Prestasi belajar siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 23 Jun 2020 03:47
Last Modified: 14 Jan 2021 02:29
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/889

Actions (login required)

View Item View Item