Mustofa, Mustofa (2024) Mengembangkan Religiusitas Peserta Didik melalui Program Kajian Kitab Kuning di MTs Syarif Hidayah Doro Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2117206_COVER_BAB I & BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
2117206_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
2117206_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Dalam upaya pengembangan potensi dan kepribadian pada peserta didik, selain melaksanakan program akademis yang diwajibkan oleh lembaga pemerintahan terkait, lembaga pendidikan formal perlu menyelenggarakan program non-akademis yang dapat memberikan dampak positif terhadap potensi dan kepribadian peserta didik. . Penelitian ini dilatarbelakangai akan pentingnya program kajian kitab kuning di MTs Syarif Hidayah Doro dalam pemeliharaan intensitas religiusitas yang dialami peserta didik. Rumusan masalah yang diungkap dalam penelitian ini meliputi : (1) bagaimana praktik pelaksanaan pembelajaran kitab kuning di MTs Syarif Hidayah Doro Kabupaten Pekalongan? (2) bagaimana mengembangkan religiusitas peserta didik melalui program kajian kitab kuning di MTs Syarif Hidayah Doro Kabupaten Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan praktik pelaksanaan pekalongan dan mendeskripsikan mengembangkan religiusitas peserta didik melalui program kajian kitab kuning di MTs Syarif Hidayah Doro Kabupaten Pekalongan. Kegunaan penelitian ini untuk memberikan informasi terkait manfaat program-program di lembaga pendidikan terhadap upaya mengembangkan religiusitas pada peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu bentuk penelitian lapangan (field research) sedangkan jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yang meliputi reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa; pembelajaran kitab kuning di MTs Syarif Hidayah Doro memberikan esensi secara berkelanjutan terhadap religiusiitas peserta didik yang meliputi peningkatan intensitas frekuensi keimanan, peningkatan intemsitas ibadah dan pemahaman tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan ajaran agama Islam, karena kitab pembelajaran kitab kuning banyak mengupas pemahaman tentang ajaran Islam yang berkaitan dengan riligiusitas dalam lima dimensi, yaitu; Dimensi Aqidah, Dimensi Peribadatan, Dimensi Penghayatan, Dimensi Pengetahuan Agama dan Dimensi Pengamalan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kitab Kuning, Religiusitas | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 10 Jul 2024 03:08 | ||||||||
Last Modified: | 10 Jul 2024 03:08 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8894 |
Actions (login required)
View Item |