Implementasi Model Project Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Kelas 3 Tema 1 Subtema 4

Sakinah, Ni’matu (2024) Implementasi Model Project Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Kelas 3 Tema 1 Subtema 4. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2320112_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2320112_FULL TEXT B5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2320112_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Model Project Based Learning adalah sebuah model pembelajaran yang berpusat kepada siswa dan menempatkan guru sebagai motivator dan fasilitator, dimana dalam hal ini siswa diberi peluang untuk mengkonstruksi belajarnya. Penerapan model Project Based Learning pada pembelajaran tematik kelas 3 tema 1 subtema 4 di SD Muhammadiyah 01 Wuled berhasil membuat siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran dan memberikan dampak yang baik terhadap siswa dalam memahami materi yang diajarkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi model Project Based Learning (PjBL) pada pembelajaran tematik kelas 3 tema 1 subtema 4 di SD Muhammadiyah 01 Wuled Pekalongan?; dan 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi model Project Based Learning (PjBL) pada pembelajaran tematik kelas 3 tema 1 subtema 4 di SD Muhammadiyah 01 Wuled Pekalongan?. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk menjelaskan implementasi model Project Based Learning (PjBL) pada pembelajaran tematik kelas 3 tema 1 subtema 4 di SD Muhammadiyah 01 Wuled Pekalongan; dan 2) Untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat implementasi model Project Based Learning (PjBL) pada pembelajaran tematik kelas 3 tema 1 subtema 4 di SD Muhammadiyah 01 Wuled Pekalongan. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian berupa penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru kelas 3 dan siswa kelas 3 SD Muhammadiyah 01 Wuled Pekalongan, sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah buku-buku dan jurnal-jurnal yang berkaitan dengan penelitian, dokumen, serta arsip SD Muhammadiyah 01 Wuled Pekalongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model Project Based Learning pada pembelajaran tematik kelas 3 tema 1 subtema 4 di SD Muhammadiyah 01 Wuled Pekalongan terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Faktor pendukung implementasi model Project Based Learning pada pembelajaran tematik kelas 3 tema 1 subtema 4 di SD Muhammadiyah 01 Wuled Pekalongan di antaranya adalah guru yang profesional, siswa yang aktif dan semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, serta sarana dan prasarana yang memadai di SD Muhammadiyah 01 Wuled Pekalongan, sedangkan faktor penghambatnya yaitu kemampuan siswa yang berbeda-beda dan alokasi waktu yang terbatas.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamal, RahmatUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pembelajaran, Project Based Learning, Pembelajaran Tematik.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:04
Last Modified: 02 Sep 2024 02:36
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8917

Actions (login required)

View Item View Item