Tofah, Maelanis (2024) Implementasi pembelajaran arab pegon bagi santri di Islamic Boarding School Gondang, Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2120281_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (3MB) |
|
Text
2120281_FULL TEXT B5.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
2120281_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembelajaran Arab pegon kepada santri agar mampu untuk membaca kitab yang semestinya harus dipahami dalam sebuah pondok pesantren. Tujuan penelitian ini dilakukan agar pembaca mengetahui terkait metode, strategi, implementasi dalam pembelajaran Arab serta implikasi yang ditimbulkan oleh adanya program ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran Arab pegon bagi santri di Islamic Boarding School Gondang Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan dan untuk mengetahui implikasi dari pembelajaran Arab pegon bagi santri di Islamic Boarding School Gondang Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data dalam penulisannya menggunakan data primer dari Islamic Boarding School Gondang Wonopringgo dan data sekunder seperti jurnal dan referensi buku. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta analisis yang dimulai dari reduksi data kemudian penyajian data, dan yang terakhir yaitu penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Arab pegon di Islamic Boarding School Gondang Wonopringgo sudah baik dan sangat cocok, karena dengan adanya pembelajaran ini, beberapa hal yang harus dicapai santri menjadi mudah seperti mampunya membaca kitab, menulis dan memahami isi dari sebuah kitab. Sedangkan implikasi dari pembelajaran Arab pegon yaitu santri menjadi mengenal dan mengetahui huruf-huruf yang ada pada Arab pegon seperti huruf vokal, konsonan, sambung, dan simbol-simbol yang terdapat di dalamnya, selain itu dapat membaca, menulis, memahami kitab, hafal nadhom dalam amsilati.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi pembelajaran, arab pegon, islamic boarding school | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2024 08:10 | ||||||||
Last Modified: | 06 Aug 2024 02:29 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8924 |
Actions (login required)
View Item |