Efektivitas Metode Small Group Discussion (SGD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Statistika Kelas VIII di SMP Negeri 7 Pekalongan

Pujaningrum, Putri Rizqi (2024) Efektivitas Metode Small Group Discussion (SGD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Statistika Kelas VIII di SMP Negeri 7 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2620082_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2620082_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika masih tergolong cukup rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah metode pembelajaran yang digunakan. Metode pembelajaran Small Group Discussion dapat menjadikan siswa lebih terlibat aktif selama proses pembelajaran berlangsung dan dapat mempermudah dalam memahami materi, sehingga dapat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan statistika jika diterapkan metode pembelajaran Small Group Discussion dan apakah metode pembelajaran Small Group Discussion (SGD) efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan statistika kelas VIII di SMP Negeri 7 Pekalongan. Tujuan penelitian ini dilakukan agar pembaca mengetahui efektivitas metode pembelajaran Small Group Discussion terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan statistika kelas VIII SMP Negeri 7 Pekalongan. Jenis penelitian menggunakan Quasi Eksperimental Design dengan bentuk The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampeil dalam peineilitian ini adalah kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 60 siswa dan populasinya berjumlah 191 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes (pretest dan posttest). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah independent sample t-test dan uji prasyarat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Small Group Discussion efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan statistika kelas VIII SMP Negeri 7 Pekalongan dengan Sig. (two-sided p) berdasarkan hasil posttest diperoleh nilai thitung = 6.760 dengan df 58 maka nilai ttabel = 2.001 yang berarti thitung > ttabel, maka H0 ditolak. Adapun nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMajid, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Small Group Discussion, Hasil Belajar, Statistika
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 11 Jul 2024 07:53
Last Modified: 20 Aug 2024 03:07
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8944

Actions (login required)

View Item View Item