Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Pemahaman Materi Pembelajaran SKI Siswa Kelas III Di MSI 14 Medono Kota Pekalongan

Akmalia, Niaba (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Pemahaman Materi Pembelajaran SKI Siswa Kelas III Di MSI 14 Medono Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2320150_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2320150_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
2320150_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Rendahnya pemahaman materi SKI siswa kelas III disebabkan oleh beberapa aspek seperti pembelajaran masih berpusat pada guru menjadikan siswa pasif di kelas yang menyebabkan hasil belajar cukup rendah. Sehingga diperlukan inovasi model pembelajaran yang tepat untuk memperbaiki masalah dalam proses pembelajaran tersebut yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap pemahaman materi pembelajaran SKI siswa kelas III di MSI 14 Medono Kota Pekalongan?. 2) Bagaimana pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap pemahaman materi pembelajaran SKI siswa kelas III di MSI 14 Medono Kota Pekalongan?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk medeskripsikan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) serta untuk mendeskripsikan ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap materi pembelajaran SKI siswa kelas III di MSI 14 Medono Kota Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan bentuk penelitian Pretest-Posttes Control Design. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas III A sebagai kelas kontrol dan III B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah total kedua sampel yaitu 37. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Serta analisis data menggunakan uji Anova untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) menunjukkan adanya peningkatan secara signifikansi dari nilai rata-rata pre-test dengan post-test hasil belajar SKI siswa pada kelas eksperimen. 2) Hasil analisis anova post-test kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap pemahaman materi pembelajaran SKI siswa kelas III di MSI 14 Medono Kota Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMufidah, ElyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT), Pemahaman Materi Pembelajaran SKI
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:51
Last Modified: 02 Sep 2024 02:31
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8946

Actions (login required)

View Item View Item