Anggraeni, Relisca (2018) Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Kegiatan Pembiasaan Di SMP Negeri 3 Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (6MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Kedisiplinan merupakan salah satu pendidikan karakter yang harus ditanamkan kepada peserta didik. Dengan kedisiplinan seseorang dapat mengontrol segala tindakan yang dilakukanya, sehingga sesuai dengan norma dan aturan yang berlaku yang berlaku. Hidup disiplin perlu dilatih dan dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari, karena dengan pembiasaan manusia akan lebih terlatih untuk terus menerus menjalankan nilai-nilai kedisiplinan dalam berbagai hal. Dengan kegiatan pembiasaan tersebut diharapkan mampu menanamkan jiwa disiplin pada seseorang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Apa saja bentuk-bentuk kegiatan pembiasaan dalam upaya meningkatkan kedisiplinan siswa yang dilaksanakan di SMP N 3 Wonokerto Kabupaten Pekalongan? Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan kegiatan pembiasaan di SMP N 3 Wonokerto? Manfaat dari penelitian ini adalah dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan di bidang pendidikan khususnya bagi peningkatan kedisiplinan peserta didik. Penelitian ini juga dapat dijadikan sebagai sumber referensi bagi peningkatan disiplin siswa di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitain ini adalah analisis deskriptif-induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk-bentuk kegiatan pembiasaan dalam upaya meningkatkan kedisiplinan di SMP N 3 Wonokerto Kabupaten Pekalongan adalah sebagai berikut: a) kegiatan pembiasaan bersalaman dengan guru dipagi hari, b) kegiatan pembiasaan berdoa bersama, c) kegiatan pembiasaan literasi membaca risalah ta’limul mubtadi-in, d) kegiatan pembiasaan budaya baca, e) kegiatan pembiasaan shalat dhuhur berjamaah. 2)faktor pendikung dari pelaksanaan kegiatan pembiasaan di SMP N 3 Wonokerto adalah: a) Sumber daya manusia, b) Sarana prasarana, c) Motivasi, memiliki satu visi yang sama yang dapat dijadikan satu motivasi untuk merealisadikan untuk membiasakan tertib dan karakter yang baik bagi guru maupun siswanya. Dari faktor pendukung yang sudah ada, terdapat pula faktor penghambatnya, yakni: a) Faktor guru, sebagai manusia biasa seorang guru terkadang ada beban psikologis dari rumah, dan itu berpengaruh terhadap dirinya di sekolah, b) Kendala sarana prasarana, c) Faktor latar belakang siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kedisiplinan, Kegiatan Pembiasaan. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Noorma Fitriana M. Zain | ||||||||
Date Deposited: | 23 Jun 2020 04:27 | ||||||||
Last Modified: | 23 Jun 2020 04:27 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/897 |
Actions (login required)
View Item |