Penggunaan Media Pohon Hitung Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Muslimat NU Ibnu Kholdun Perum Puri Kedungwuni

Hidayat, Salsabilla Naura Febriyanti (2024) Penggunaan Media Pohon Hitung Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Muslimat NU Ibnu Kholdun Perum Puri Kedungwuni. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2420088_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2420088_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
2420088_LAMPIRN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Media pohon hitung dalam pembelajaran khususnya berhitung menjadi salah satu alternatif dalam mengajarkan anak karena proses pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berhitung permulaan anak pada usia 4-5 tahun di TK Muslimat NU Ibnu Kholdun serta minimnya alat media yang ada di sekolah, sehingga para guru kebanyakan masing hanya menggunakan metode ceramah dan juga manual saja. Dimana hal ini sudah dibuktikan dengan hasil observasi dan juga wawancara kepada kepala sekolah serta guru kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan media pohon hitung dalam meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak, serta untuk mengetahui kemampuan berhitung permulaan anak setelah menggunakan media pohon hitung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Targgart. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus. Yang mana penelitian ini terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observasi), dan refleksi (reflecting) Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: wawancara, observasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pohon hitung dalam meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak di TK Muslimat NU Ibnu Kholdun dilaksanakan ketika kegiatan inti berlangsung. Siklus pertama dilakukan dengan 2 kali pertemuan membagi siswa menjadi 3 kelompok. sedangkan pada siklus kedua menjadi 2 kelompok dengan menggunakan media yang berbeda sesuai tema. keberhasilan kemampuan berhitung permulaan melalui media pohon hitung pada anak usia 4-5 tahun di TK Muslimat NU Ibnu Kholdun sebelum tindakan diperoleh 57%, siklus I meningkat menjadi 68%, dan siklus II menjadi 96%. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian. Sehingga dapat dibuktikan bahwa media pohon hitung dalam meningkatkan kemampuan berhitung permulaan dikatakan sangat efektif dan berhasil meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPramesti, Santika Lya DiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pohon Hitung, Kemampuan Berhitung Permulaan.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 16 Jul 2024 06:34
Last Modified: 04 Oct 2024 04:34
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9013

Actions (login required)

View Item View Item