Maula, Fina Mardhotul (2018) Implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan di MA Ribatul Muta’allimin Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (4MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penekanan pendidikan karakter tidak sebatas pada transfer pengetahuan mengenai nilai-nilai yang baik, namun lebih dari itu menjangkau pada bagaimana menjadikan nilai-nilai tersebut tertanam dan menyatu dalam totalitas pikiran dan tindakan. Salah satu caranya yaitu melalui pembiasaan kegiatan keagamaan, seperti yang ada di MA Ribatul Muta’allimin Pekalongan. Rumusan masalah dalam penelitian ini ada dua, yaitu apa saja karakter yang dikembangkan melalui kegiatan keagamaan di MA Ribatul Muta’allimin Pekalongan? bagaimana implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan di MA Ribatul Muta’allimin Pekalongan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakter yang dikembangkan melalui kegiatan keagamaan di MA Ribatul Muta’allimin Pekalongan dan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan di MA Ribatul Muta’allimin Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian lapangan (field research). Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif, mengikuti konsep yang diberikan Mile dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah karakter yang dikembangkan melalui kegiatan keagamaan di MA Ribatul Muta’allimin Pekalongan tertanam dalam diri siswa dengan baik. Adapun karakter yang dikembangkan melalui kegiatan keagamaan di MA Ribatul Muta’allimin Pekalongan ini adalah nilai karakter religius, disiplin dan tanggung jawab pada setiap siswa. Implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan di MA Ribatul Muta’allimin Pekalongan cukup berjalan dengan baik dan sejalan dengan teori, karena dilaksanakan secara sistematis yaitu melalui tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dengan menggunakan kegiatan keagamaan sebagai pendidikan karakter. Adapun kegiatan keagamaan tersebut yaitu kegiatan 5S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun), tadarus pagi secara rutin, sholat dhuhur berjamaah, seni baca al-Qur’an. Adapun kegiatan pendukung lain seperti pembiasaan hidup bersih, pesantren kilat, peringatan hari besar Islam dan program kerja pimpinan komisariat IPNU-IPPNU madrasah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Kegiatan Keagamaan. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Noorma Fitriana M. Zain | ||||||||
Date Deposited: | 23 Jun 2020 07:54 | ||||||||
Last Modified: | 23 Jun 2020 07:54 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/916 |
Actions (login required)
View Item |