Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Raksasa Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Kelas VIII SMP Islam Walisongo Kedungwuni Pekalongan

Ardi, Jessica (2024) Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Raksasa Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Kelas VIII SMP Islam Walisongo Kedungwuni Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2219110_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (825kB)
[img] Text
2219110_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya permasalahan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran pada proses pembelajaran Bahasa Arab di SMP Islam Walisongo Kedungwuni Pekalongan. Metode yang diterapkan oleh guru Bahasa Arab SMP Islam Walisongo Kedungwuni Pekalongan adalah metode ceramah dan buku saja serta belum memanfaatkan penggunaan media pembelajaran secara maksimal. Hal ini menyebabkan siswa menjadi merasa bosan dan kurang tertarik ketika pembelajaran Bahasa Arab berlangsung. Oleh karena itu, peneliti terdorong untuk melakukan sebuah penelitian dengan mengembangkan suatu media pembelajaran berupa permainan ular tangga raksasa untuk membuat siswa lebih tertarik dan tidak merasa bosan dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pengembangan media permainan ular tangga raksasa, serta bagaimana hasil uji kelayakan media pembelajaran media permainan ular tangga raksasa dari penilaian validator ahli dan juga respon peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan media permainan ular tangga raksasa dan untuk mengetahui hasil uji kelayakan media pengembangan media permainan ular tangga raksasa dari penilaian validator ahli dan peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Teori pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan teori pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, and lEvaluation. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket/kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis observasi dan wawancara dan analisis angket/kuesioner. Berdasarkan dari data hasil penelitian Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Raksasa dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Kelas VIII di SMP Islam Walisongo Kedungwuni Pekalongan, dapat disimpulkan bahwa : Penilaian yang didapatkan dari ahli media sebesar 95 % dikagetorikan sangat layak. Presentase penilaian dari ahli materi mendapatkan nilai sebesar 98 % dikategorikan sangat layak. Selanjutnya perolehan presentase respon peserta didik mendapatkan hasil sebesar 80% dikagetorikan sangat layak. Oleh karena itu, jika dilihat dari hasil penilaian para ahli dan peserta didik secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media permainan ular tangga raksasa ini layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAlghiffary, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Permainan Ular Tangga, Bahasa Arab
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 19 Jul 2024 06:52
Last Modified: 10 Oct 2024 02:30
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9164

Actions (login required)

View Item View Item