Pengaruh perkuliahan micro teaching terhadap kemampuan mahasiswa dalam membuat media pembelajaran berbasis teknologi di UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Khasanah, Nur Afatul (2024) Pengaruh perkuliahan micro teaching terhadap kemampuan mahasiswa dalam membuat media pembelajaran berbasis teknologi di UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120222_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2120222_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
2120222_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Era revolusi 4.0 membawa perubahan disegala bidang, termasuk di dunia pendidikan. Seorang guru abad ke- 21 dituntut untuk menguasai pengetahuan materi, keterampilan dasar mengajar, serta mengikuti perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan. Pengetahuan terkait pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran serta keterampilan dasar mengajar itu diajarkan di dalam perkuliahan micro teaching dalam suatu pendekatan TPACK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan perkuliahan micro teaching mahasiswa Pendidikan Agama Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, mendeskirpsikan kemampuan mahasiswa Pendidikan Agama Islam dalam membuat media pembelajaran berbasis teknologi serta mendeskripsikan pengaruh perkuliahan micro teaching terhadap kemampuan mahasiswa pendidikan agama islam dalam membuat media pembelajaran berbasis teknologi. Penelitian ini, berjenis penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 297 mahasiswa sedangkan sampel penelitian ini adalah 68 mahasiswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data dengan angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi perkuliahan micro teaching mahasiswa Pendidikan Agama Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan mendapatkan nilai baik sebesar 48,5 %. Sedangkan kemampuan mahasiswa Pendidikan Agama Islam dalam membuat media pembelajaran berbasis teknologi multimedia interaktif berupa aplikasi game edukatif seperti quiziz, wordwall dan lain sebagainya itu sebesar 55.9 % dengan nilai baik. Kemudian terdapat pengaruh yang signifikan antara perkuliahan micro teaching variabel X terhadap kemampuan membuat media pembelajaran berbasis teknologi variabel Y di UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji regresi linier sederhana diketahui bahwa X memiliki nilai signifikansi sebesar 0.00 yang berarti lebih kecil dari nilai signifikansi yang ditetapkan yakni 5% atau (< 0.05 )

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHami, WidodoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perkuliahan micro teaching, kemampuan mahasiswa, media pembelajaran
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 22 Jul 2024 06:57
Last Modified: 02 Aug 2024 02:38
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9211

Actions (login required)

View Item View Item