Aini, Hanum Rahma (2024) Penerapan model pembelajaran project-based learning di era disrupsi dalam pembelajaran akidah akhlak di SMK Muhammadiyah Bligo. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2120107_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
2120107_FULL TEXT B5.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
2120107_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Project-Based Learning di Era Disrupsi dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di SMK Muhammadiyah Bligo. Penelitian ini dilatarbelakangi beberapa guru masih menggunakan model pembelajaran tradisional, adapun yang sudah menggunakan model pembelajaran yang memanfaatkan kemajuan teknologi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pendekatan, metode dan langkah-langkap penerapan model pembelajaran Project-Based Learning di Era Disrupsi dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di SMK Muhammadiyah Bligo. Tujuan penelitan ini adalah : mendeskripsikan pendekatan, metode, dan langkah-langkah penerapan model pembelajaran Project-Based Learning di Era Disrupsi Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di SMK Muhammadiyah Bligo. Desain penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam riset kali ini peneliti melakukan fokus penelitian lapangan (field research). Dalam penelitian ini sumber data primer yaitu Guru Pendidikan Agama Islam kelas XI TKJ 2 dan siswa kelas XI TKJ 2 di SMK Muhammadiyah Bligo, modul serta sumber lainnya digunakan sebagai data sekunder dalam penelitian ini. Teknik keabsahan diambil dari triangulasi, bahan referensi dan memberchek. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran disusun dengan pendekatan, metode, strategi, teknik, taktik, dan langkah-langkah yang tepat. Penerapan Model pembelajaran Project-Based Learning mengungkapkan bahwa pusat pembelajaran berpusat pada peserta didik, dan guru berperan sebagai fasilitator. Guru akidah akhlak memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran akidah akhlak dengan menggunakan metode diskusi dan tanya jawab. Penerapan Model pembelajaran Project-Based Learning tidak terlepas dari pemanfaatan teknologi yang merupakan bagian dari era disrupsi. Penerapan Model pembelajaran Project-Based Learning dapat membuat peserta didik XI TKJ 2 lebih kreatif, hal ini terbukti dengan proyek berupa konten yang mereka buat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran, project-based learning, pembelajaran akidah akhlak | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2024 06:46 | ||||||||
Last Modified: | 02 Aug 2024 02:45 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9274 |
Actions (login required)
View Item |