Atsila, Aqilia (2024) Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Mahārah Qirā’ah Siswa Kelas VII MTs Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2220005_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (826kB) |
|
Text
2220005_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik di MTs Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan yang memiliki problem dalam hal membaca (Qirā’ah) teks Arab. Problem paling dasar yang sering dijadikan alasan adalah karena latar belakang siswa yang tidak mempunyai basic bahasa Arab. Masih banyak siswa yang merasa kesulitan saat belajar bahasa arab, terlebih siswa yang tidak hidup di lingkungan pesantren. Umumnya, mereka yang sekolah dan hidup di pesantren menunjukkan kecenderungan yang lebih dinamis dalam mengikuti pelajaran bahasa Arab dan memiliki kemampuan bahasa Arab yang lebih unggul. Hal ini menyebabkan kesenjangan dalam pengetahuan dan keterampilan bahasa Arab siswa khususnya dalam mahārah qirā’ah dan mempengaruhi pembelajaran di dalam kelas. Berdasarkan latar belakang diatas, maka peneliti akan memaparkan beberapa masalah yaitu: apa saja problem yang dihadapi siswa kelas VII dalam pembelajaran mahārah qirā’ah bahasa Arab di MTs Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan dan bagaimana upaya untuk mengatasi problematika pembelajaran mahārah qirā’ah tersebut. Tujuan penelitian ini dilakukan agar pembaca mengetahui terkait bentuk problematika belajar siswa dan juga upaya apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi problematika pembelajaranahasa Arab mahārah qirā’ah siswa kelas VII MTs Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field-research) dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penulisannya menggunakan data primer dari MTs Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni dan data sekunder seperti jurnal dan referensi buku. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisis yang dimulai dari reduksi data kemudian penyajian data dan terakhir yaitu verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya problematika belajar yang dialami oleh siswa dalam belajar bahasa Arab di MTs Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan. Problematika yang dialami siswa MTs Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan meliputi problem belajar bahasa bentuk linguistik dan non lingusitik. Problematika belajar bahasa bentuk linguistik meliputi kesulitan dalam aspek bunyi (Aṣwat). Kesulitan belajar bahasa bentuk non Iinguistik meliputi kesulitan belajar yang disebabkan faktor kurang mengenali bentuk tulisan Arab, Kurang latihan membaca bahasa Arab, input siswa kebanyakan dari sekolah dasar negeri. Lingkungan keluarga yang tidak mendukung, dan juga alokasi waktu yang kurang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Problematika pembelajaran, bahasa Arab, Maharah Qira’ah | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2024 07:33 | ||||||||
Last Modified: | 10 Oct 2024 02:56 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9290 |
Actions (login required)
View Item |