Barokah, Ani Atiatul (2024) Efektivitas metode demonstrasi berbasis eksperimen sederhana terhadap pemahaman sains anak usia dini kelompok B di TK ABA Sragi Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2420085_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
2420085_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
2420085_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Dalam penelitian ini menjadi sebuah masalah adalah masih banyak anak yang pemahaman sains anak kurang rendah. Salah satu media yang dapat digunakan dalam menstimulasi pemahaman sains anak adalah dengan menggunakan eksperimen sederhana melalui penggunaan eksperimen sederhana, anak untuk meningkatkan pemahaman sainsnya, dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan pengetahuan tentang sains. Penelitian ini mencakup 2 rumusan masalah. Pertama, Bagaimana Hasil Pemahaman Sains Anak Usia Dini Sebelum dan Sesudah Menggunakan Metode Demonstrasi?. Kedua, Seberapa besar efektivitas metode demonstrasi berbasis eksperimen sederhana terhadap pemahaman sains Di Tk Aba Sragi Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan?. Tujuan penelitian ini yaitu pertama Untuk mengetahui hasil pemahaman sains anak usia dini sebelum dan sesudah menggunakan metode demonstrasi di TK Aba Sragi Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan. Kedua, Untuk mengetahui seberapa besar efektivitas demonstrasi berbasis eksperimen sederhana terhadap pemahaman sains di TK Aba Sragi Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis eksperimen desain Non-equivalent Control Group Desgin. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan deskriptif presentase. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa : Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis, menunjukkan adanya uji “t” untuk mengetahui hubungan secara parsial antara variabel pemahaman sains terhadap metode demonstrasi eskperimen sederhana sebesar 6,502 dengan taraf signifikan 0,000 yang hasilnya lebih kecil dari 0,05 atau 5%, sehingga memiliki efektivitas metode demonstrasi berbasis eksperimen sederhana terhadap pemahaman sains anak. adanya perbedaan rata-rata skor sebelum pemberian treatment dan setelah pemberian treatment. Pemahaman sains anak di kelas eksperimen pada saat pre test diperoleh rata-rata pre test 11,36 dan total rata-rata skor pada post test 35,92.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Eksperimen Sederhana, Pemahaman Sains | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 23 Jul 2024 06:37 | ||||||||
Last Modified: | 04 Oct 2024 04:21 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9365 |
Actions (login required)
View Item |