Implementasi pendidikan karakter religius melalui kegiatan malam bina iman dan taqwa (mabit) di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Desa Candi Kecamatan Bandar Kabupaten Batang

Miladia, Risma Izza (2024) Implementasi pendidikan karakter religius melalui kegiatan malam bina iman dan taqwa (mabit) di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Desa Candi Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120337_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2120337_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan karakter merupakan upaya untuk membentuk dan mengembangkan karakter siswa. Di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Desa Candi masih sebagian siswa yang kurang disiplin kurng hormat kepada guru dan kurangnya rasa tanggung jawab. Maka peneliti merumuskan masalah yaitu Bagaimana implementasi pendidikan karakter religius melalui kegiatan malam bina iman dan taqwa (MABIT) untuk kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Desa Candi Kecamatan Bandar Kabupaten Batang? Serta Bagaimana faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter religius melalui kegiatan malam bina iman dan taqwa (MABIT) untuk kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Desa Candi Kecamatan Bandar Kabupaten Batang? Tujuannya mengetahui implementasi pendidikan karakter religius melalui kegiatan MABIT untuk kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Desa Candi. Mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter religius melalui kegiatan MABIT untuk kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Desa Candi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data diperoleh dari hasil wawancara kemudian disimpulan. Penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru MABIT dan siswa kelas VI. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, implementasi pendidikan karakter religius melalui kegiatan MABIT untuk kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Desa Candi sudah dijalankan dengan baik sebagaimana pada pelaksanaan kegiatan MABIT tersebut perencanaan yang matang. Sedangkan faktor yang mendukung kegiatan MABIT untuk kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Desa Candi adalah adanya dukungan penuh dari wali murid. Sedangkan faktor yang menghambatnya adalah dari diri siswanya sendiri, karena setiap siswa mempunyai tingkat pemahaman yang berbeda.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZaeni, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter Religius, Kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT)
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 24 Jul 2024 07:28
Last Modified: 04 Oct 2024 04:33
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9426

Actions (login required)

View Item View Item