Malia, Nova Rizqiyatul (2024) Pengaruh motivasi berprestasi terhadap efikasi diripada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Muhammadiyah Tersono Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2120023_BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2120023_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : mendeskripsikan tingkat motivasi berprestasi dan tingkat efikasi diri pada mata pellajaran Akidah Akhlak kellas VIII di MTs Mulhammadiyah Telrsono. Serta untuk melngeltahuli pelngarulh motivasi berprestasi telrhadap efikasi diri pada mata pellajaran Akidah Akhlak kellas VIII di MTs Mulhammadiyah Telrsono. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Bagaimana tingkat motivasi berprestasi dan tingkat efikasi diri dalam mata pellajaran Akidah Akhlak pada siswa kellas VIII di MTs Mulhammadiyah Telrsono?. Serta Apakah terdapat pelngarulh motivasi berprestasi terhadap efikasi diri pada mata pellajaran Akidah Akhlak kellas VIII di MTs Mulhammadiyah Telrsono? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh (semua populasi dijadikan sampel) sebanyak 37 siswa. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah Tersono Kabupaten Batang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat efikasi diri pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Muhammadiyah Tersono tergolong dalam kategori sedang, dengan frekuensi relative berada pada interval 49 - 56 karena skor rata-rata efikasi diri sebesar 54, 7 dan tingkat motivasi berprestasi tergolong dalam kategori tinggi dengan frekuensi relative pada interval 35 – 39 karena rata-ratanya sebesar 35, 27. (2) Terdapat pengaruh efikasi diri terhadap motivasi berprestasi pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Muhammadiyah Tersono dibuktikan dengan hasil Uji T Sig. 0.000 < 0, 05 dan T hitung 11. 580 > T tabel 2. 030 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya hasil uji F menunjukkan Sig. 0, 000 < 0, 05 dan F hitung 134. 094 > 2. 030 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Berprestasi, Efikasi Diri | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2024 03:13 | ||||||||
Last Modified: | 25 Jul 2024 03:13 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9477 |
Actions (login required)
View Item |