Pengembangan Media Kartu Bergambar (Flash Card) Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VIII MTs In Banyurip Ageng Pekalongan

Ma’ruf, Anang (2024) Pengembangan Media Kartu Bergambar (Flash Card) Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VIII MTs In Banyurip Ageng Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Anang Ma'ruf_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Anang Ma'ruf_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Bahasa Arab merupakan salah satu mata pelajaran yang membutuhkan kemampuan guru. Kemampuan guru berpengaruh terhadap keefektifan kelas saat belajar terutama kemampuan menghandle kelas tersebut, memanfaatkan media yang bisa menciptakan suasana menyenangkan dan nyaman sehingga daya tarik untuk mengikuti pelajaran itu berpeluang besar, baik secara mandiri ataupun kelompok.Rumusan masalah pada penelitian ini ialah, bagaimana pengembangan media kartu bergambar dalam pembelajaran kosa kata bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs In Banyurip Ageng Pekalongan, bagaimana validasi pengembangan media kartu bergambar dalam pembelajaran kosa kata bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs In Banyurip Ageng Pekalongan.Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui pengembangan media kartu bergambar dalam pembelajaran kosa kata bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs In Banyurip Ageng Pekalongan, untuk mengetahui validasi pengembangan media kartu bergambar dalam pembelajaran kosa kata bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs In Banyurip Ageng Pekalongan.Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau disebut Research and Development (R&D), yaitu penelitian pengembangan Research and Development (R&D) adalah: "yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut ".Desain pengembangan media pembelajaran flash card menggunakan model ADDIE yaitu: Analyze (analisis), Design (desain),Development(pengembangan),Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Kelayakan media pembelajaran flash card digunakan sebagai media pembelajaran bersumber pada penilaian dari para ahli dan respon peserta didik. Presentase oleh ahli media medapatkan skor 83% (Sangat layak / Sangat sesuai), Presentase oleh ahli materi medapatkan skor 84% (Sangat layak/Sangat sesuai),Presentase kelayakan oleh guru bahasa Arab medapatkan skor 89% (Sangat layak Sangat sesuai),Presentase kelayakan oleh peserta didik medapatkan skor 88% (Sangat layak / Sangat sesuai), jadi untuk menyimpulkan semua ini adalah media kartu bergambar ini sangat layal/sangat sesuai diginakan di MTs In Banyurip Ageng Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHuda, Moh. NurulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Additional Information: anangmf49@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Bahasa Arab, Media Flash Card, Mufrodat.
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 25 Jul 2024 06:24
Last Modified: 10 Oct 2024 04:04
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9490

Actions (login required)

View Item View Item