Penggunaan media manik-manik warna dalam pembelajaran tematik matematika kelas 2 di MI Selopajang 01 Kecamatan Blado Kabupaten Batang

Isfailla, Heny (2019) Penggunaan media manik-manik warna dalam pembelajaran tematik matematika kelas 2 di MI Selopajang 01 Kecamatan Blado Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: https://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Beberapa kendala kadang ditemuai guru dalam menyampaikan materi pembelajaran matematika kepada siswa. Pembelajaran tanpa menggunakan media anak menjadi jenuh kurang tertarik. Oleh karena itu diperlukan media dan cara yang lebih mengena untuk menyajikan pelajaran agar anak lebih bersemangat, tertarik dan mempunyai motivasi yang tinggi dalam belajar. Media merupakan komponen penting dalam pembelajaran karena dapat membantu guru dalam penyampaian materi pelajaran. Guru perlu memvariasi media yang sesuai dan cocok dengan materi. Media yang dimaksud agar mampu meningkatkan hasil belajar sehingga lebih berkesan dan bermakna lebih lama pada siswa. Rumusan masalah penelitian ini ialah bagaimana penggunaan media manik-manik warna dalam pembelajaran tematik matematika kelas 2 di MII Selopajang 01 Kecamatan Blado Kabupaten Batang? Apa kelebihan dan kekurangan Media Manik-Manik Warna dalam Pembelajaran tematik Matematika kelas II di MII Selopajang 01 Kecamatan Blado Kabupaten Batang? Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (Field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, adalah suatu pendekatan dalam melakukan penelitian yang beroriantasi pada gejala-gejala yang bersifat alamiah karena orientasinya demikian, maka sifatnya naturalistik dan mendasar atau bersifat kealamiahan serta tidak bisa dilakukan di laboratorium melainkan harus terjun di lapangan.Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis datanya menggunakan model analisis Miles and Huberman. Dari hasil penelitian didapat kesimpulan bahwa implementasi penggunaan media manik-manik warna dalam pembelajaran tematik matematika pada kelas II MI Islamiyah Selopajang 01 Kecamatan Blado Kabupaten Batang bisa dikatakan sudah sesuai dengan metode yang diterapkan. Hal ini terlihat pada saat pembelajaran berlangsung dimana peserta didik sudah mampu mengerjakan soal-soal latihan yang diberikan oleh guru dan memperoleh nilai sesuai dengan KKM yang ditentukan. Media manik-manik mempunyai kelebihan diantaranya mudah didapat, harga yang terjangkau, awet, dan mudah digunakan. Adapun kekurangannya ialah pada penggunaan bilangan yang besar cukup sulit dan membutuhkan alokasi waktu yang lebih lama.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPramesti, Santika Lya DiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: media manik-manik warna, pembelajaran tematik matematika, kelas II
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Noorma Fitriana M. Zain
Date Deposited: 24 Jun 2020 06:48
Last Modified: 24 Jun 2020 06:48
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/959

Actions (login required)

View Item View Item