Jumaisika, Nur (2019) Upaya meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas V dengan variasi metode pembelajaran di SD Negeri Kecil Kasimpar Petungkriyono tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (4MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa, salah satunya adalah dengan menggunakan metode yang bervariasi dalam pembelajarannya. Diharapkan dengan menggunakan metode yang bervariasi minat belajar siswanya menjadi baik, disini guru juga mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari, agar siswa dapat mengerti dan lebih memahami materi yang telah disampaikan. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan tidak monoton, sehingga siswa tidak jenuh, bosan, dan pasif ketika mengikuti proses belajar mengajar dikelas. Penggunaan metode yang bervariasi dan sesuai tentunya juga akan mendorong keberhasilan proses pembelajaran yang dilakukan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah yang diajukan adalah Bagaimana upaya meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas V dengan variasi metode pembelajaran di SD Negeri Kecil Kasimpar Petungkriyono tahun ajaran 2017/2018? Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas V dengan variasi metode pembelajaran di SD Negeri Kecil Kasimpar Petungkriyono tahun ajaran 2017/2018? Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian field Research. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu dengan metode analisis data model interaktif yang terdiri atas empat tahapan yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: dalam kegiatan pembelajaran di kelas, guru memotivasi siswa, agar siswa mempunyai minat belajar yang baik. Guru membangun kebiasaan belajar siswa, dengan cara guru memberikan tugas sekolah maupun pekerjaan rumah baik individu maupun kelompok. Menciptakan suasana yang kondusif dalam belajar. Guru mengelola kelas dengan baik agar siswa tidak jenuh dan bosan ketika mengikuti pembelajaran. Menggukan strategi dan metode pembelajaran yang menarik, diantaranya adalah, metode ceramah, metode tanya jawab, metode penugasan, metode tutor sebaya dan metode problem solving. Memberikan pujian pada siswa yang mendapatkan nilai tinggi dan bisa mengerjakan tugas sekolah maupun PR. Sedangkan faktor pendukungnya adalah kedua orang tua siswa, guru yang profesional, dan adanya kerja sama antara siswa dengan guru dalam kelas, sedangkan faktor yang penghambatnya adalah dari siswa, teman sebaya, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekitar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Minat, Belajar, Matematika, Variasi, Metode, Pembelajaran | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Nani Nuryani | ||||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2020 06:58 | ||||||||
Last Modified: | 24 Jun 2020 06:58 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/962 |
Actions (login required)
View Item |