Noviana, Dewi (2024) Pemanfaatan metode role playing pada pembelajaran pendidikan agama islam materi pernikahan dalam islam siswa kelas XI SMAN 1 Paninggaran Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2120270_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2120270_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu ilmu yang sangat penting untuk ditanamkan pada peserta didik untuk menciptakan pondasi agama yang kokoh bagi mereka kelak. Pada pelaksanaan pembelajaran masih banyak peserta didik yang kurang memahami materi ajar serta lebih memilih melakukan aktivitas masing-masing. Dalam upaya untuk menghindari ketidakefektifan dalam pembelajaran seorang pendidik dapat memanfaatkan metode Role Playing (Bermain Peran). Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dapat dirumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana pemanfaatan metode role playing pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI SMAN 1 Paninggaran?, 2) Bagaimana implikasi dari pemanfaatan metode role playing pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI SMAN 1 Paninggaran?. Tujuan penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan pemanfaatan metode role playing pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI SMAN 1 Paninggaran, 2) Mendeskripsikan implikasi dari pemanfaatan metode role playing pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI SMAN 1 Paninggaran. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Pendekatan penelitian ini dengan menggunakan penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam skripsi ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pemanfaatan metode role playing pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI SMAN 1 Paninggaran meliputi: a) tahapan perencanaan: memilih pendekatan pembelajaran yang sesuai, b) tahapan pelaksanaan: kesesuaian dengan perencanaan pembelajaran, c) tahapan penilaian: penilaian sikap, dan evaluasi, 2) Implikasi pemanfaatan metode role playing pada pembelajaran pendidikan agama islam siswa kelas XI SMAN 1 Paninggaran, meliputi: a) kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran: penentuan pendekatan pembelajaran, b) kemampuan guru melaksanakan pembelajaran: penguasaan kelas dengan baik, c) kemampuan peserta didik dalam memperagakan peran: aktif dan mengahayati peran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Metode Role Playing | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 29 Jul 2024 03:10 | ||||||||
Last Modified: | 04 Oct 2024 02:18 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9644 |
Actions (login required)
View Item |