Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Pada Materi Asmaul Husna Kelas VII MTs Al-Hikmah Proto Kedungwuni

Sari, Farisa Novita (2024) Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Pada Materi Asmaul Husna Kelas VII MTs Al-Hikmah Proto Kedungwuni. Masters thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
50222021_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
50222021_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
50222021_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pemahaman merupakan aspek sentral dalam proses pembelajaran. Dalam pembelajaran, pemahaman dapat dijadikan tolak ukur kemampuan siswa untuk dapat mengerti apa yang telah diajarkan oleh guru. Pembentukan pemahaman siswa memerlukan keterlibatan aktif dari siswa untuk melakukan eksplorasi, refleksi, dan penerapan konsep yang dipelajari dalam konteks pengalaman pribadi mereka. Salah satu model pembelajaran di era sekarang yang efektif diterapkan untuk meningkatkan pemahaman siswa adalah model pembelajaran project based learning (PjBL) karena model pembelajaran ini memberikan tekanan pada aktivitas siswa dalam belajar memecahkan beragam masalah yang bersifat “open-ended” dan dapat mengaplikasikan pengetahuannya untuk mengerjakan proyek agar tercipta “produk otentik” tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) efektivitas model pembelajaran project Based Learning dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi asmaul husna kelas VII MTs AL-Hikmah Proto 2) implikasi dari penerapan model pembelajaran Project Based Learning terhadap Kondisi belajar Siswa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif quasi experiment dengan bentuk non-equivalent control group design. Bentuk penelitian ini melibatkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan melakukan pretest-posttest pada kedua kelompok dan melakukan observasi pada kegiatan pembelajarannya. Kemudian teknik analisisnya menggunakan analisis hipotesis uji independent sample t test, yaitu membandingkan hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran PjBL efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi Asmaul Husna kelas VII. Hal ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis data posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan Uji-T (Independent Sample T Test) dengan taraf signifikansi α 0,05 diperoleh nilai nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 4,892 > 1,67155 dengan sig (2-tailed) < α yaitu 0,000. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya model pembelajaran PjBL efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi asmaul husna kelas VII. Hal ini dapat dilihat dari hasil post-test kelas eksperimen diperoleh rata-rata 80.27 dan nilai post-test kelas kontrol dengan rata-rata 69,93 artinya terdapat perbedaan nilai yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. (2) Penerapan model pembelajaran Project Based Learning ini memberikan dampak yang baik terhadap kondisi belajar siswa kelas VII MTs AL-Hikmah Proto Kedungwuni. Siswa di kelas yang mendapat perlakuan model pembelajaran PjBL menjadi lebih mandiri, aktif dan terampil bekerja sama. Hal ini karena model pembelajaran ini mengarahkan siswa untuk berpartisipasi penuh dan menajdi pelaku utama dalam pembelajaran. dengan demikian pembelajaran akan lebih efektif, pemahaman lebih mudah tercapai, dan peserta didik lebih nyaman mengikuti kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMahmudah, UmiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model PjBL, Pemahaman.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 29 Jul 2024 04:34
Last Modified: 05 Nov 2024 08:59
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9715

Actions (login required)

View Item View Item