Fauziah, Anis (2024) Upaya guru dalam menstimulasi aspek motorik halus anak di TK Pertiwi Desa Kalilembu Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2420074_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (4MB) |
|
Text
2420074_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text
2420074_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kemampuan motorik halus merupakan salah satu aspek perkembangan yang penting untuk distimulasi dimana kemampuan ini menjadi pendukung perkembangan anak yang lain. Berdsarkan observasi awal yang telah dilakukan di kelas B TK Pertiwi Kalilembu, guru disana sudah memiliki beberapa upaya yang menarik guna menstimulasi kemampuan motorik halus anak usia dini. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang upaya tentang Upaya Guru dalam Menstimulasi Aspek Motorik Halus Anak di TK Pertiwi Desa Kalilembu Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan. Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka dirumuskan permasalahan sebagai berikut: Bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam menstimulasi motorik halus anak di TK Pertiwi Desa Kalilembu Kecamatan Karangdadap? Apa saja hambatan yang dialami guru dan solusinya dalam upaya menstimulasi motorik halus di TK Pertiwi Desa Kalilembu Kecamatan Karangdadap.? Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan tenik pengumpulan triangualasi yang mencangkup metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data dilakukan menggunakan analisa data model miles and Hurberman yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan upaya yang dilakukan guru di TK Pertiwi Kalilembu Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan sudah memenuhi indikator tingkat pencapaian perkembangan anak menurut Permendikbud 137 pada tahapan usia 5-6 tahun dalam beberapa kegiatannya. Guru merencanakan pembelajaran dengan RPPH yang berisi tema, kegiatan, pembukaan, inti, penutup, dan rencana evaluasi. Kemudian ada pelaksanan pembelajaran dengan bentuk kegiatan demonstrasi melipat origami, berlatih menulis nama sendiri, bermain plastisin, meronce, menyusun balok, menggunting dan menempel sesuai pola serta menggambar dan mewarnai. Pada tahap evaluasi guru memberikan bentuk evaluasi dalam bentuk penilaian harian, hasil karya dan catatan anekdot. Adapun hambatan yang dialami guru berupa anak mudah emosi, anak tidak ada motivasi belajar, anak sulit diatur dan adanya keterlambatan perkembangan dapat diminimalisir dengan solusi seperti guru dapat memberikan variasi pada pembelajaran, guru memberikan motivasi belajar pada anak., guru lebih bisa bersabar dalam memberikan pendampingan belajar pada anak.dan guru lebih memperhatikan karaker serta kemampuan anak didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru, Stimulasi, Motorik Halus, Anak Usia Dini | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 29 Jul 2024 04:16 | ||||||||
Last Modified: | 29 Jul 2024 04:16 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9788 |
Actions (login required)
View Item |