Efektivitas Media Pembelajaran Busy Book Dalam Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Di SPS Kuncup Mekar Sikasur Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang

Munifah, Aulia Kamilah (2024) Efektivitas Media Pembelajaran Busy Book Dalam Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Di SPS Kuncup Mekar Sikasur Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2420075_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (762kB)
[img] Text
2420075_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di SPS Kuncup Mekar Sikasur masih menemukan beberapa anak yang motorik halusnya belum memadai, dikarenakan lembaga tersebut lebih memfokuskan anak bisa menulis. Mengenai hal tersebut diperlukan sebuah media pembelajaran, tetapi lembaga tersebut belum mempunyai media pembelajaran yang memadai. Sehingga peneliti, membuat sebuah media pembelajaran busy book untuk melatih perkembangan motorik halus anak. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana efektivitas media pembelajaran busy book dalam perkembangan motorik halus anak usia dini di SPS Kuncup Mekar Sikasur Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektif atau tidaknya media pembelajaran busy book dalam perkembangan motorik halus anak usia dini di SPS Kuncup Mekar Sikasur Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah one group pretest-posttest design dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan peneliti adalah teknik sampling jenuh, dimana menggunakan seluruh populasi yang berjumlah 20 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya efektivitas media pembelajaran busy book dalam perkembangan motorik halus anak usia dini di SPS Kuncup Mekar Sikasur Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis Paired Sample T-Test yang bernilai sig 0,000 ≤ 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hasil penelitian sangat signifikan. Hal ini juga dibuktikan dari hasil observasi awal (pretest) anak mendapatkan nilai rata-rata 16,10%. Dengan demikian peneliti memberikan sebuah media pembelajaran yang dikhususkan untuk melatih motorik halus anak melalui media busy book. Setelah diberikan tindakan menggunakan media busy book, kemampuan motorik halus anak mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi akhir (posttest) dan mendapatkan nilai rata-rata 28,90%. Adanya peningkatan yang sangat signifikan sebesar 12,8%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHaryanto, Andung DwiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Busy Book, Motorik Halus, Anak Usia Dini.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 30 Jul 2024 06:11
Last Modified: 03 Oct 2024 08:44
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9848

Actions (login required)

View Item View Item