Efektivitas pengembangan bahan ajar digital flipbook materi reklame mata pelajaran seni budaya dan keterampilan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI MI Karanganyar Pekalongan

Barokah, Anis Rochmawati (2024) Efektivitas pengembangan bahan ajar digital flipbook materi reklame mata pelajaran seni budaya dan keterampilan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI MI Karanganyar Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Prestasi belajar merupakan indikator penting dalam menilai pencapaian pendidikan dan mencerminkan kemampuan siswa. Evaluasi metode pengajaran perlu dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar. Masalah seperti kurangnya variasi metode dan interaktivitas dapat menghambat pembelajaran. Inovasi bahan ajar, seperti penggunaan teknologi, bisa meningkatkan keterlibatan siswa dan efektivitas pembelajaran. Bahan ajar digital, seperti flipbook, memungkinkan akses mudah dan mendukung pembelajaran mandiri. Pengembangan bahan ajar berbasis flipbook dalam pembelajaran kewirausahaan dapat membantu siswa memahami konsep reklame dan meningkatkan kemampuan promosi produk, mengatasi kendala kurangnya keterampilan promosi. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, rumusan masalah dalam penelitian ini mencakup: (1) Bagaimana proses pengembangan bahan ajar digital flipbook materi reklame mata pelajaran seni budaya dan keterampilan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI MI Karanganyar Pekalongan?; (2) Bagaimana implementasi pengembangan bahan ajar tersebut?; dan (3) Bagaimana efektivitas pengembangan bahan ajar tersebut?. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Menganalisis proses pengembangan bahan ajar digital flipbook materi reklame mata pelajaran seni budaya dan keterampilan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI MI Karanganyar Pekalongan; (2) Menganalisis implementasi pengembangan bahan ajar tersebut; dan (3) menguji efektivitas pengembangan bahan ajar tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang dilakukan dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan proses pengembangan bahan ajar, implementasi bahan ajar (uji skala kecil dan uji skala besar), dan uji efektivitas bahan ajar. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Hasil analisis menunjukkan kebutuhan tinggi terhadap materi reklame dan antusiasme besar terhadap metode baru ini, dengan bahan ajar divalidasi oleh ahli bahan ajar, ahli materi, dan ahli bahasa dengan skor rata-rata 89,58%, 90,63%, dan 90,63%, menunjukkan kualitas yang sangat Valid/baik. (2) Uji skala kecil menunjukkan skor 3.77 (94.13%) dan uji skala besar menunjukkan skor 3.76 (94.11%), menunjukkan bahan ajar sangat praktis. (3) Nilai t hitung 9,657 > 2,032 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 serta Ngain 0,58 (57,76%) menunjukkan bahwa bahan ajar digital flipbook cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuniroh, Siti Mumun19820701 200501 2 003UNSPECIFIED
Thesis advisorKamal, Rahmat19830526 202321 1 015UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Reklame, Seni Budaya dan Keterampilan, Hasil Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 01 Aug 2024 06:42
Last Modified: 04 Nov 2024 08:15
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9850

Actions (login required)

View Item View Item