Lisan, Muhamad Fashihul (2024) Air semaan al-qur’an sebagai terapi pada anak dengan gejala attention deficit hyperactivity disorder. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
3317024_COVER, BAB I dan BAB V.pdf Download (3MB) |
|
Text
3317024_FULL TEXS.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Anak dengan gejala Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) biasanya sering digambarkan dengan sebutan yang lebih sederhana oleh masyarakat awam sebagai “anak nakal”. Masyarakat cenderung masih men-generalisasi anak dengan perilaku impulsif-hiperaktif, atau menganggu sebagai “anak nakal”. Pelabelan “anak nakal” berpengaruh terhadap paradigma menangani anak dengan gejala ADHD. Istilah “anak nakal” memliki kecenderungan lebih dekat pelanggaran hukum. Sehingga paradigma yang muncul untuk mengatasi hal tersebut adalah melalui treatment pidana dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan sebuah sudut pandang baru terhadap air semaan Al-Qur’an yang digunakan menjadi sebuah alternatif terapi untuk anak dengan gangguan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) di Kecamatan Wiradesa pada khususnya. Para penghafal Al-Qur’an yang tergabung dalam IHF NU Wiradesa menjadi sumber utama penelitian ini dengan melibatkan orangtua yang menjadi sumber informasi pelengkap dalam memperoleh data yang lebih akurat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) pada kegiatan rutin semaan Al-Qur’an yang dilaksanakan oleh IHF NU Kec Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu menggunakan teknik wawancara mendalam, menganalisa dokumen dan melalui observasi langsung di lapangan dengan melibatkan anak dengan gangguan ADHD sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologis dan medis. Hasil penelitian menunjukkan air semaan Al-Qur’an diyakini memberikan manfaat positif bagi anak dengan gejala ADHD dalam mengurangi gejala hiperaktivitas dan meningkatkan fokus anak. Penelitian ini memberikan wawasan baru tentang praktik terapi non-farmakologis yang bisa jadi alternatif terapi pada anak dengan gejala ADHD. Air semaan Al-Qur’an diharapkan mampu memperoleh tempat yang lebih strategis di masyarakat maupun di kalangan praktisi kesehatan dan mampu berjalan setara dengan praktik terapi farmakologis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Air Semaan Al-Qur’an, Terapi, Gejala ADHD. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X5.2 Tasawuf | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Tasawuf dan Psikoterapi | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 30 Jul 2024 07:34 | ||||||||
Last Modified: | 10 Sep 2024 05:11 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9859 |
Actions (login required)
View Item |