Muawwanah, Aisyatul (2024) Pengaruh Metode Cooperative Integrated Reading Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Keterampilan Membaca di Kelas V MIS Kauman Wiradesa. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H.Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2320109_Cover Bab I dan Bab V.pdf Download (959kB) |
|
Text
2320109_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading adalah salah satu metode pembelajaran dengan membentuk kelompok-kelompok membaca yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman, dan seni berbahasa dengan memadukan membaca melalui pemberian tanggapan terhadap wacana/kliping yang diberikan. Proses dan kegiatan membaca harus memiliki makna dan tujuan sehingga siswa akan memiliki motivasi untuk selalu melakukan kegiatan membaca. Kebanyakan anak perlu mendapatkan dukungan untuk selalu membaca. Banyak faktor yang menyebabkan siswa masih rendah dalam keterampilan membaca yaitu siswa kurang gemar dalam keterampilan membaca, terlepas dari kesadaran diri akan pentingnya membaca untuk meningkatkan pengetahuan. Faktor lainnya banyak media elektronik yang berisi tentang hiburan dan permainan sehingga membuat siswa malas dalam keterampilan membaca Melalui metode ini peserta didik tidak merasa bosan dalam pembelajaran berlangsung. Penelitian ini mempunyai rumusan masalah yakni: bagaimana pengaruh metode cooperative integrated Reading dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap Keterampilan Membaca di Kelas V MIS Kauman Wiradesa dan bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode Cooperative Integrated Reading dalam pembelajaran bahasa indonesia terhadap keterampilan membaca di kelas V MIS Kauman Wiradesa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan sampel pada penelitian ini yakni kelas V A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode Cooperative Integrated Reading dan kelas V B sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode Konvensional. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil diperoleh dari analisis data yang dilakukan sebagai tindak lanjut dari rumusan masalah penelitian ditemukan bahwa metode cooperative integrated reading yang peneliti gunakan berhasil meningkatkan keterampilan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MIS Kauman Wiradesa. Sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar yang ingin dicapai. Dari hasil analisis data menunjukan adanya pengaruh dari nilai pretest dan posttest serta hasil data statistik inferensial dengan hipotesis menunjukan bahwa nilai sig pada pretest dan posttest kelas eksperimen yang diterapkan menggunakan metode cooperative integrated reading adalah 0,026. Jika dilihat dari hasil uji hipotesis tersebut diketahi bahwa dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Cooperative Integrated Reading, Membaca | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 28 Aug 2024 02:48 | ||||||||
Last Modified: | 28 Aug 2024 02:48 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9904 |
Actions (login required)
View Item |