Pengaruh lingkungan belajar dan dukungan keluarga terhadap minat belajar matematika siswa di MTs Gondang Wonopringgo

Patmawati, Siti (2024) Pengaruh lingkungan belajar dan dukungan keluarga terhadap minat belajar matematika siswa di MTs Gondang Wonopringgo. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2620066_Cover_ Bab I & Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2620066_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Lingkungan mencakup semua materi dan rangsangan dalam dan luar individu, fisiologis, psikologis, dan sosial budaya. Belajar adalah usaha individu menciptakan perubahan tingkah laku dari interaksi dengan lingkungan. Peneliti tertarik pada pengaruh lingkungan dan dukungan keluarga terhadap minat belajar matematika siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1).Bagaimana Pengaruh lingkungan belajar terhadap minat belajar matematika siswa MTs Gondang Wonopringgo? 2). Bagaimana pengaruh dukungan keluarga terhadap minat belajar matematika siswa MTs Gondang Wonopringgo? 3). Apakah terdapat Pengaruh antara lingkungan belajar dan dukungan keluarga dengan minat belajar Matematika siswa MTs Gondang Wonopringgo? Tujuan penelitian ini 1.Untuk Mengetahui Apakah ada Pengaruh lingkungan belajar terhadap minat belajar matematika siswa MTs Gondang Wonopringgo? 2.Untuk Mengetahui Apakah ada Pengaruh dukungan keluarga terhadap minat belajar matematika siswa MTs Gondang Wonopringgo? 3.Untuk Mengetahui Apakah terdapat Pengaruh antara lingkungan belajar dan dukungan keluarga dengan minat belajar Matematika siswa MTs Gondang Wonopringgo? Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan pengambilan sampel menggunakan total sampling. Sampel yang digunakan kelas VIII C dan VIII D. Pengumpulan data menggunakan lembar Kuesioner. Analisis data yang digunakan untuk statistika dan model matematika yaitu untuk menemukan hubungan antara variabel dan membuat prediksi, untuk instrumen tes menggunakan uji Vaaliditas, uji Reliabilitas, uji normalitas, uji Mutikolinieritas, uji hipotesis, uji F , dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 (<) kurang dari 0,05 dan nilai t hitung pada variabel lingkungan belajar (x1) sebesar 2,476 (>) T table 1.672. maka hasil uji T menunjukan bahwa variabel Lingkungan Belajar berpengaruh terhadap variabel Minat belajar pada sekolah MTs Gondang wonopringgo. 2. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 (<) kurang dari 0,05 dan nilai t hitung pada variabel dukungan keluarga (x2) sebesar 3,987 (>) T table 1.672. maka hasil uji T menunjukan bahwa variabel dukungan keluarga berpengaruh terhadap variabel Minat belajar pada sekolah Mts Gondang wonopringgo. 3. Berdasarkan Uji F dengan F hitung 10.137> dari nilai f table 3.162 menunjukan bahwa variabel Lingkungan Belajar dan variable dukungan keluarga berpengaruh secara silmutan terhadap variable Minat belajar siswa pada sekolah Mts Gondang wonopringgo.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, Abdul197201052000031002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Belajar, Dukungan Keluarga, Minat Belajar
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:16
Last Modified: 02 Oct 2024 03:17
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9964

Actions (login required)

View Item View Item