Pengembangan media evaluasi pembelajaran bahasa arab berbasis aplikasi quizizz Kelas viii MTs Syarif Hidayah Doro Kabupaten Pekalongan

Uswatun, Chasanah (2024) Pengembangan media evaluasi pembelajaran bahasa arab berbasis aplikasi quizizz Kelas viii MTs Syarif Hidayah Doro Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2220017_COVER, BAB I dan BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2220017_FULL TEXS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keresahan guru mata pelajaran bahasa Arab di MTs Syarif Hidayah Doro ketika penilaian evaluasi pembelajaran bahasa Arab. Evaluasi pembelajaran masih bersifat manual menggunakan kertas sehingga siswa membutuhkan waktu lebih lama untuk mengerjakan soal dan menuliskan jawabannya. Guru pun membutuhkan waktu yang lebih lama karena masih kurangnya kemampuan siswa dalam menuliskan jawaban sesuai penulisan yang benar sehingga diperlukan inovasi baru agar penilaian berjalan lebih efisien. Aplikasi Quizizz merupakan salah satu media evaluasi pembelajaran yang bisa digunakan untuk melakukan evaluasi pembelajaran berbasis game atau permainan yang cocok digunakan sebagai penilaian berupa ulangan harian bahasa Arab. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu 1) Bagaimana pengembangan media evaluasi pembelajaran bahasa Arab berbasis aplikasi Quizizz di MTs Syarif Hidayah Doro Kabupaten Pekalongan?, dan 2) Bagaimana validitas produk media evaluasi pembelajaran bahasa Arab berbasis aplikasi Quizizz di MTs Syarif Hidayah Doro Kabupaten Pekalongan. Adapun tujuan penelitian ini yaitu 1) mengembangkan media evaluasi pembelajaran bahasa Arab berbasis aplikasi Quizizz di MTs Syarif Hidayah Doro Kabupaten Pekalongan, dan 2) mengetahui validitas produk media evaluasi pembelajaran bahasa Arab berbasis aplikasi Quizizz di MTs Syarif Hidayah Doro Kabupaten Pekalongan. Jenis pendekatan yang digunakan yaitu penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (RnD) dengan menerapkan model 4D (Four-D) yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, angket atau kuisioner, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis kebutuhan, dan analisis lembar penilaian ahli materi dan media serta respon guru mata pelajaran dan siswa. Hasil dari penelitian ini yaitu produk yang dikembangkan menggunakan model 4D (Four-D) yang terdiri dari empat tahapan yaitu Define (Pendefinisian), Desaign (Perancangan), Develope (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Dari keempat tahapan tersebut dihasilkan produk berupa media evaluasi berbasis online menggunakan Quizizz yang didalamnya terdapat 25 soal berbentuk pilihan ganda (multiple choice) dan dapat diakses secara mandiri oleh siswa ataupun melalui handphone, laptop atau komputer. Produk tersebut dikategorikan valid berdasarkan hasil uji validitas ahli materi dan ahli media serta penilaian respon guru mata pelajaran dan siswa. Hasil rata-rata antara validasi ahli materi dan validasi ahli media menghasilkan presentase sebanyak 87% dan dikategorikan sangat valid. Sedangkan rata-rata penilaian respon guru mata pelajaran dan respon siswa menunjukan presentase sebesar 87% dengan kritaria sangat valid.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHuda, Moh.NurulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Evaluasi, Pembelajaran Bahasa Arab, Quizizz
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 31 Jul 2024 02:37
Last Modified: 31 Jul 2024 02:37
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9981

Actions (login required)

View Item View Item