Implementasi pemanfaatan media digital pada pembelajaran tematik di kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kemasan Bojong Pekalongan

Yahsa, Amelia Alaida (2024) Implementasi pemanfaatan media digital pada pembelajaran tematik di kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kemasan Bojong Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2320004_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2320004_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Teknologi kian hari kian maju, harus bisa dimanfaatkan oleh pendidikan dalam pembelajaran supaya membawa dampak yang baik dalam pendidikan. Terutama dalam pembelajaran tematik yang berada di sekolah dasar, perlunya banyak media pembelajaran yang digunakan guru supaya siswa dalam mengikuti pembelajaran merasakan senang dan mudah memahami materi yang diajarkan guru. Tujuan penelitian ini Untuk mendeskripsikan kebijakan MI Kemasan Bojong dalam pemanfaatan media digital pada pembelajaran, untuk menjabarkan implementasi media digital pada pembelajaran tematik di kelas V MI Kemasan Bojong Pekalongan, Untuk menjelaskan dampak pengimplementasian media digital pada pembelajaran tematik di kelas V MI Kemasan Bojong Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data dalam penulisannya menggunakan data primer dari MI Kemasan Bojong dan data sekunder seperti jurnal dan referensi buku dan lain sebagainya. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisis yang dimulai dari reduksi data kemudian penyajian data dan yang terakhir yaitu penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini pada Implementasi Media Digital Pada Pembelajaran Tematik di Kelas V dengan menggunakan media Microsoft Power Point dan penayangan video Youtube, dimana pada proses persiapan, guru akan membuat RPP yang disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan, kemudian proses pelaksaan yakni pengaktifan semua media yang telah disiapkan pada proses persiapan, pengkodisian kelas yang dilakukan guru untuk tetap menjaga kondisi kelas tetap kondusif, dan evaluasi; dilaksanakan dengan dua metode, yakni siswa menyimpulkan materi, dan Tanya jawab diakhir pembelajaran. Dampak Implementasi Media Digital Pada Pembelajaran Tematik terdiri atas Meningkatkan motivasi dalam belajar, Menurunkan Resiko Kebosanan dalam Belajar, Siswa lebih memperhatikan pembelajaran, Pemahaman siswa lebih meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuhlisin, Muhlisin197007061998031001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Media Digital, Pembelajaran Tematik
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 31 Jul 2024 06:55
Last Modified: 28 Sep 2024 07:00
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9996

Actions (login required)

View Item View Item