Efl students' feelings on utilizing busuu application in learning listening skills

Mafida, Tari (2025) Efl students' feelings on utilizing busuu application in learning listening skills. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2521033_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2521033_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2521033_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir ini, integrasi teknologi ke dalam pendidikan bahasa semakin mendapat perhatian, menawarkan peluang baru untuk mendukung dan meningkatkan pengalaman belajar siswa. Studi ini menyelidiki perasaan siswa EFL (English as a Foreign Language) terhadap penggunaan aplikasi Busuu dalam mengembangkan keterampilan mendengarkan bahasa Inggris mereka. Dengan menggunakan pendekatan penyelidikan naratif kualitatif, studi ini melibatkan wawancara semi-terstruktur dengan empat siswa EFL dari sebuah sekolah menengah di Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia. Data dianalisis menggunakan analisis tematik untuk mengidentifikasi tema dan pola berulang yang terkait dengan perasaan siswa. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa siswa mengalami respons perasaan positif dan negatif selama proses belajar mereka dengan Busuu. Di sisi positif, siswa merasakan kepuasan, kecenderungan, dan kebahagiaan dalam membantu mereka meningkatkan keterampilan mendengarkan, mereka termotivasi untuk belajar mendengarkan, dan fitur latihan mendengarkan meningkatkan pemahaman mendengarkan mereka. Namun, beberapa tantangan juga ditemukan. Siswa menyatakan ketidakpuasan terhadap keterbatasan akses pada konten gratis, yang menghalangi mereka untuk mengeksplorasi semua fitur yang tersedia dalam aplikasi. Hal ini dianggap membatasi pengalaman belajar mereka secara maksimal. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Busuu dapat menjadi pilihan yang tepat bagi pelajar untuk digunakan sebagai media pembelajaran keterampilan mendengarkan bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorGhufron, AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Busuu app, efl students, listening skills, positive feelings, negative feelings
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 17 Jul 2025 08:50
Last Modified: 30 Oct 2025 03:07
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14666

Actions (login required)

View Item View Item