Jamaludin, Ahmad (2024) Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Anak Usia Dini Dengan Pendekatan Psikologi Humanistik Carl Ransom Rogers Dalam Buku Al-Mumtaz Fi Ta’lim Al-Lughah Al-Arabiyyah Lil Aulad Jilid 1. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2220066_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (8MB) |
|
Text
2220066_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (705kB) |
|
Text
2220066_Lampiran.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini menganalisis buku ajar bahasa Arab untuk anak usia dini berjudul Al-Mumtaz Fi Ta’lim Al-Lughah Al-Arabiyyah Lil Aulad Jilid 1, menggunakan pendekatan psikologi humanistik Carl Ransom Rogers. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya buku ajar dalam mendukung proses pembelajaran anak usia dini yang berada pada masa perkembangan kognitif dan bahasa. Namun, buku ajar bahasa Arab seringkali tidak menerapkan pendekatan humanistik dalam pembelajaran, yang bertujuan untuk mengembangkan potensi penuh individu serta memberikan ruang bagi anak untuk belajar secara bebas dan alami. Oleh karena itu, penelitian ini menganalisis bagaimana buku ini dapat mendukung pembelajaran yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; Bagaimana isi materi buku Al-Mumtaz Fi Ta’lim Al-Lughah Al-Arabiyyah Lil Aulad Jilid 1? dan Bagaimana buku ini dapat ditinjau dari perspektif teori belajar humanistik Carl Ransom Rogers?. Penelitian ini bertujuan menganalisis isi buku dan mengevaluasinya menggunakan teori belajar humanistik. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan desain penelitian pustaka atau library research. Sumber data utama yang digunakan adalah buku Al-Mumtaz Fi Ta’lim Al-Lughah Al-Arabiyyah Lil Aulad Jilid 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan metode analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Buku Al-Mumtaz Fi Ta’lim Al-Lughah Al-Arabiyyah Lil Aulad Jilid 1 menyajikan pembelajaran bahasa Arab yang sesuai untuk anak usia dini dengan memperkenalkan sapaan dan lingkungan sekitar yang relevan dengan kehidupan mereka sehari-hari. Didukung gambar menarik dan kegiatan interaktif, buku ini membantu anak mempelajari keterampilan sosial secara alami. Dari aspek psikologis, ilustrasi berwarna dan aktivitas berulang menarik minat belajar, mendorong partisipasi aktif, dan membangun kepercayaan diri anak. Dari segi bahasa, buku ini menyederhanakan kosakata dan struktur kalimat, serta melatih kemampuan mendengar dan berbicara secara bertahap. Sejalan dengan teori Carl Ransom Rogers, buku ini menekankan pengalaman belajar yang bermakna dan relevan bagi siswa dengan menghubungkan materi pembelajaran pada kehidupan sehari-hari mereka. Buku ini juga mengadopsi pendekatan pembelajaran yang menghargai partisipasi aktif dan ekspresi diri, seperti kegiatan perkenalan di depan kelas, yang memberi siswa kesempatan untuk mengembangkan keberanian, rasa percaya diri, dan kemandirian dalam berbahasa Arab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Teori Belajar Humanistik, Carl Ransom Rogers, Pembelajaran Bahasa Arab, Anak Usia Dini. | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 08 Nov 2024 09:10 | ||||||||
Last Modified: | 08 Nov 2024 09:10 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11167 |
Actions (login required)
View Item |