Pengaruh Metode Pembelajaran Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar PAI & BP Siswa Kelas IXD di SMP N 4 Kajen

Rosyad, Annas Sabila (2024) Pengaruh Metode Pembelajaran Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar PAI & BP Siswa Kelas IXD di SMP N 4 Kajen. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120301_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2120301_FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
2120301_Lampiran.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Para pakar pendidikan dan para guru telah lama berusaha untuk menemukan sebuah metode yang tepat dalam proses pendidikan. Banyak teori pendidikan yang sudah ditemukan oleh ilmuan dari berbagai macam paradigma, diantaranya paradigma behavioriseme, paradigma Kognitivisme maupun paradikma Humanis dan teori-teori pendidikan yang lainya. Sudah menjadi permasalahan yang umum ditemukan disekolah-sekolah terkait motivasi siswaa dalam pembelajaran PAI & BP yang rendah, hal tersebut ditandai dengan aktivitas belajar satu arah, dimana hanya guru yang aktif dalam menjelaskan materi. Khususnya di SMP N 4 Kajen ini, selain pembelajaran yang tergolong pasif terdapat juga problematika dimana para siswa lalai dalam mengumpulkan tugas rumah yang sudah diberikan tenggat waktu dalam pengumpulannya. Dimana hal tersebut menghambat jalannya proses pembelajaran dan menurunkan efektivitas dan efisiensi suatu pembelajaran. Maka penting untuk dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dan materi yang disampaikan dapat diserap secara efektif dan efisien oleh siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah metode pembelajaran Reward and Punishment mempengaruhi motivasi belajar PAI&BP siswa kelas IXD di SMP N 4 Kajen?. Adapun tujuan ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh metode pembelajaran Reward and Punishment terhadap motivasi belajar PAI&BP siswa kelas IXD di SMP N 4 Kajen. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Peneliti memberikan perlakuan khusus kepada sampel dan membandingkan hasil dari rata-rata angket motivasi belajar yang dilaksanakan sebelum dan sesudah perlakuan khusus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dana observasi. Teknik analisis datanya yaitu melalui analisis statistik deskriptif, uji persyaratan meliputi uji normalitas dan uji homogenitas dan uji komparasinya menggunakan uji paired t-test sample. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan metode pembelajaran Reward and Punishment. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata dan hasil dari uji komparasi paired t-test sample yang menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,663. Yang menunjukan bahwa terdapat pengaruh sebelum dan sesudah diberikannya perlakuan khusus.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorGhufron, Muhammad AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Reward and Punishment, Motivasi Belajar PAI
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 08 Nov 2024 02:34
Last Modified: 08 Nov 2024 02:34
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11188

Actions (login required)

View Item View Item