Pengaruh Progam Belajar Mandiri Boarding School terhadap Minat Belajar Siswa di MAN 1 Kota Pekalongan

Palupi, Gyan Aulia (2024) Pengaruh Progam Belajar Mandiri Boarding School terhadap Minat Belajar Siswa di MAN 1 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120171_Cover Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2120171_Full Teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2120171_Lampiran.pdf

Download (711kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Dalam meìngatasi peìrmasalahan teìntang minat beìlajar seìkolah seìbagai instansi Peìndidikan mulai meìlaksanakan beìrbagai program untuk meìngatasi masalah teìrseìbut salah satunya yaitu deìngan program Boarding School. Boarding School meìrupakan salah satu cara yang eìfeìktif dalam meningkatkan minat belajar siswa. Rumusan masalah penelitian ini berupa bagaimana pelaksanaan program belajar mandiri Boarding School, minat belajar siswa Boarding School, dan pengaruh program belajar mandiri Boarding School terhadap minat belajar siswa MAN 1 kota Pekalongan. Tujuannya untuk mengetahui seberapa besar pengaruh program belajar mandiri Boarding School terhadap minat belajar siswa pada Pelajaran disekolah Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 69 reponden. Jenis analisis data menggunakan rumus regresi linear sederhana dengan uji hipotesis yaitu uji t dengan bantuan program SPSS24. Hasil penelitian menunjukan bahwa program belajar mandiri termasuk baik dibuktikan dari nilai rata rata program belajar mandiri Boarding School 39,01 terletak pada interval 31-40, minat belajar siswa termasuk baik dibuktikan dengan nilai rata rata angket minat belajar 36,99 terletak pada interval 31-40. Pada uji koefisien determinasi yang nilainya 0,051 yang berarti pengaruh program belajar mandiri terhadap minat belajar siswa sebesar 5,1%. Program belajar mandiri memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar, ini menggambarkan bahwa semakin tinggi program belajar mandiri Boarding School berpengaruh terhadap minat belajar. Hasil ini sesuai dengan analisi regresi linear sederhana pada uji t yaitu di peroleh nilai 0,035 < 0,05. Maka Ha diterima, artinya secara persial ada pengaruh signifikan program belajar mandiri terhadap minat belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAbidin, YasinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Boarding School, Minat Belajar, Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 08 Nov 2024 03:11
Last Modified: 08 Nov 2024 03:11
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11269

Actions (login required)

View Item View Item