Implementasi Metode Drill Dalam Meningkatkan Hafalan Bacaan Shalat Pada Anak Di Tpq Ar-Rahman Klidang Wetan Batang

Rizqi, Dwi Nugraheni (2024) Implementasi Metode Drill Dalam Meningkatkan Hafalan Bacaan Shalat Pada Anak Di Tpq Ar-Rahman Klidang Wetan Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120249_cover, bab i dan bab v.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2120249_full Texs.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2120249_Lampiran.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Rizqi Dwi Nugraheni. 2024. Implementasi Metode Drill Dalam Meningkatkan Hafalan Bacaan Shalat Pada Anak Di TPQ Ar-Rahman Klidang Wetan Batang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing M. Aba Yazid, M.S.I Kata Kunci: Metode Drill, Hafalan Bacaan Shalat, TPQ Skripsi ini membahas tentang Implementasi Metode Drill Dalam Meningkatkan Hafalan Bacaan Shalat Pada Anak Di TPQ Ar-Rahman Klidang Wetan Batang. Penelitian ini dilatar belakangi Seorang anak jika kemampuan shalatnya tidak dikembangkan maka anak kelak akan sulit untuk dikenalkan shalat, sulit menghafal bacaan shalat dan enggan melaksanakan shalat. Anak tidak mampu melaksanakan ibadah shalat dengan benar dan lancar, jika sebagai orang tua yang beragama Islam tidak mengajarkan shalat kepada anaknya. Maka orang tua mendapatkan dosa karena tidak mengajarkan ketauhidan sejak usia dini, salah metode yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah metode drill. bagaimana praktek Metode Drill pada anak TPQ Ar-Rahman Klidang wetan Batang. Upaya meningkatkan hafalan bacaan Shalat Pada anak TPQ Ar-Rahman Klidang Wetan Batang. Tujuan penelitian ini adalah: Bagaimana praktek Metode Drill pada anak TPQ Ar-Rahman Klidang wetan Batang, upaya meningkatkan hafalan bacaan Shalat Pada anak TPQ Ar-Rahman Klidang Wetan Batang, bagaimana Implemantasi Metode Drill di TPQ TPQ Ar-Rahman Klidang Wetan Batang. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualiitatif, dengan mencari data menggunakan observasi, wawancara, dan sejumlah dokumen. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk memperoleh data dari sumber data yang berupa peristiwa yang dilakukan dengan melihat kegiata belajar mengajar di TPQ Ar-Rahman Klidang Wetan, mengamati sarana dan prasarana yang ada, serta kondisi TPQ Ar-Rahman Klidang Wetan Batang. Wawancara dilakukan terhadap ustad ustadzah TPQ Ar-Rahman Klidang Wetan Batang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Implemantasi Metode Drill Dalam Meningkatkan Hafalan Bacaan Shalat Pada Anak di Desa Klidang Wetan Batang diawalai dengan perencanaan, pelaksanaan dan penutup. Dalam tahap pendahuluan guru mengucapkan salam dan doa bersama serta absensi, lalu kegiatan inti mulai dengan menggunakan metode Drill yang mana pembelajarannya dibaca bersama kemudian setor hafalan kepada ustad atau ustadzah, tahap penutup yaitu ustad ustadzah menutup pembelajaran dengan membaca doa sebelum pulang serta mengucapkan salam. Yang mana metode Drill ini sangat cocok di gunakan di TPQ Ar-Rahman Klidang Wetan Batang karena anak yang sebelumnya sulit untuk mengahafal sulit untu fokus , sekarang menjadi fokus saat belajar serta dapat menghafal dengan baik dan benar. .

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRizqi, Dwi NugraheniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Drill, Hafalan Bacaan Shalat, TPQ
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 08 Nov 2024 09:16
Last Modified: 08 Nov 2024 09:16
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11342

Actions (login required)

View Item View Item