Think-Pair-Share In Teaching Reading Comprehension: Practices, Challenges, And Solutions In A Junior High School

Jannah, Nafisah Rodhotul (2024) Think-Pair-Share In Teaching Reading Comprehension: Practices, Challenges, And Solutions In A Junior High School. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2520096_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2520096_FULL TEX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2520096_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Keterampilan pemahaman membaca sangat penting dalam pembelajaran bahasa Inggris, terutama di tingkat SMP, karena di Indonesia pelajaran bahasa Inggris dimulai dari tingkat ini. Pembelajaran menggunakan teknik Think-PairShare dapat menjadi salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan keterampilan pemahaman membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan praktik teknik Think-Pair-Share serta mengeksplor tantangan dan solusinya. Penelitian ini melibatkan satu guru dan siswa kelas sembilan di sebuah sekolah menengah pertama. Teknik yang digunakan adalah studi kasus dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara, yang kemudian dianalisis menggunakan model analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik ini berjalan dengan cukup baik untuk pengajaran pemahaman membaca, dimana siswa dapat mengukur kemampuan pemahaman membaca mereka sendiri, mendiskusikan teks dengan teman, dan membagikan hasil diskusi di depan kelas. Namun, terdapat beberapa tantangan dalam penerapannya, seperti kurangnya instruksi yang jelas, partisipasi siswa yang tidak merata, dan keterbatasan waktu. Untuk mengatasi tantangan tersebut, guru memberikan solusi seperti instruksi yang lebih jelas, menjelaskan konteks bacaan, menekankan pentingnya diskusi yang seimbang, serta berusaha mengatur waktu dengan baik. Temuan lain juga menunjukkan bahwa guru dapat memberi motivasi secara teratur kepada siswa yang grogi saat menjelaskan hasil diskusi di depan kelas. Penelitian ini menyimpulkan beberapa implikasi pedagogis terkait bagaimana guru dapat mengimplementasikan teknik Think-Pair-Share dalam pengajaran pemahaman membaca. Kata Kunci: Pemahaman Membaca, Teknik Think-Pair-Share, Praktik, Tantangan dan Solusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAli, FachriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pemahaman Membaca, Teknik Think-Pair-Share, Praktik, Tantangan dan Solusi.
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 12 Nov 2024 04:50
Last Modified: 12 Nov 2024 04:50
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11573

Actions (login required)

View Item View Item