Analisis Problematika Membaca Pemahaman dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas IV di MI Islamiyah Degayu 01 Pekalongan

Putri, Intan Karisma (2024) Analisis Problematika Membaca Pemahaman dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas IV di MI Islamiyah Degayu 01 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2320110_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (434kB)
[img] Text
2320110_Full Text.pdf

Download (1MB)
[img] Text
18 LAMPIRAN.pdf

Download (361kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Putri, Intan Karisma. 2024. “Analisis Problematika Membaca Pemahaman dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas IV di MI Islamiyah Degayu 01 Pekalongan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. FTIK UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Diah Puspitaningrum, M.Pd Kata Kunci: Membaca Pemahaman, Metode Pengajaran, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IVB MI Islamiyah Degayu 01 Pekalongan. Meskipun sudah ada perencanaan pembelajaran yang baik, seperti penyusunan RPP dan penggunaan media pembelajaran, siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami teks bacaan. Faktor-faktor seperti kurangnya penguasaan kosakata, motivasi belajar yang rendah, serta lingkungan belajar yang tidak kondusif menjadi penghambat utama. Penelitian bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan problematika membaca pemahaman dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IVB di MI Islamiyah Degayu 01 Pekalongan, dan menjelaskan problematika membaca pemahaman siswa serta faktor penyebab kesulitan membaca pemahaman dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IVB di MI Islamiyah Degayu 01 Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVB MI Islamiyah Degayu 01 Pekalongan. Penelitian ini juga menganalisis modul ajar yang digunakan guru, serta mengevaluasi proses pembelajaran melalui tahap prabaca, saat baca, dan pascabaca untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif mengenai kendala dan tantangan yang dihadapi dalam proses pembelajaran membaca pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan membaca pemahaman di kelas IVB MI Islamiyah Degayu 01 Pekalongan peran guru sangat penting dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap teks bacaan.Penyusunan modul ajar sangat pentimg dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Keterlibatan siswa juga masih perlu ditingkatkan, megingat beberapa siswa menunjukkan kurangnya motivasi dalam pembelajaran. Selain itu kemampuan siswa dalam menyimpulkan dan memahami isi bacaan masih rendah, yang mengindikasikan perlunya strategi pengajaran yang lebih variatif dan interarktif. Dalam memahami bacaan dipengaruhi oleh beberapa faktor-faktor diantaranya penguasaan kosakata, kondisi lingkungan, serta motivasi dan minat siswa. Siswa sering menghadapi tantangan seperti kurangnya pemahaman terhadap kata-kata sulit, suasana kelas yang tidak kondusif, dan metode pengajaran yang kurang variatif. Lingkungan belajar di rumah juga berperan penting, di mana siswa cenderung membaca hanya saat diwajibkan dan lebih banyak terpengaruh oleh penggunaan gadget. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang lebih holistik dalam pengajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPuspitaningrum, DiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Membaca Pemahaman, Metode Pengajaran, Motivasi Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 12 Nov 2024 07:35
Last Modified: 12 Nov 2024 07:35
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11576

Actions (login required)

View Item View Item